Bisnis dan Pembahasan Secara Lengkap

  • Bagikan
bisnis

Menurut Wikipedia, Pengertian bisnis adalah sebuah aktivitas menjual dan membeli barang atau jasa dengan tujuan mendapatkan keuntungan laba. Dan bisnis dalam ilmu ekonomi adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bidang usaha lainnya, untuk mendapatkan laba.

Secara historis, kata bisnis berasal dari bahasa Inggris busy yang berarti “sibuk” dalam konteks individu, komunitas atau masyarakat. Dalam pengertian ini, sibuk dengan aktivitas dan pekerjaan bisa mendatangkan keuntungan.

Sebuah bisnis biasanya di jalankan oleh suatu perusahaan yang berbentuk badan usaha, seperti perseroan tunggal, persekutuan atau perseroan.

Menurut ruang lingkupnya, penggunaan istilah “bisnis” dapat dibagi menjadi tiga definisi sebagai berikut:

  • Badan Usaha adalah entitas yudisial, teknis, dan ekonomi yang mencari keuntungan.
  • Sektor pasar tertentu, seperti pasar modal.
  • Segala aktivitas dalam masyarakat yang menghasilkan barang atau jasa.

Pengertian Bisnis Menurut Para Ahli

pengertian bisnis

Menurut L.R. Dickese, tujuan utama dari kegiatan bisnis adalah untuk memberikan manfaat bagi yang menjalankan atau yang berminat.

Sedangkan Menurut Mc Naughton, bisnis adalah pertukaran barang, uang atau jasa untuk kepentingan pihak yang terlibat.

Fungsi Bisnis

Steinhoff mengatakan dalam bukunya “Business World” bahwa fungsi utama dalam bidang bisnis dibagi menjadi 3 sebagai berikut:

  • Acquiring raw material (mendapatkan bahan baku);
  • Distributing product to consumer (mendistribusikan produk ke konsumen);
  • Manufacturing raw materials into product (menjadikan bahan baku menjadi produk).

Proses utama suatu bisnis pada dasarnya adalah mentransformasikan hal-hal yang semula bernilai rendah menjadi bentuk lain yang memiliki nilai lebih tinggi dan dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan sosial. Secara lebih rinci, fungsi bidang bisnis mencakup empat hal berikut.

  1. Produksi adalah fungsi bisnis menghasilkan barang atau jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat.
  2. Distribusi yaitu fungsi yang mendistribusikan barang atau jasa ke lokasi terdekat yang dapat dijangkau atau dikenali konsumen.
  3. Penjualan yaitu fungsi ketika suatu perusahaan menjual produk atau jasanya kepada pengguna atau konsumen yang membutuhkannya.
  4. Pemasaran adalah fungsi yang berkaitan dengan penyimpanan dan pemasaran, oleh karena itu ketika produk bermanfaat bagi konsumen maka produk yang kurang digunakan pada suatu waktu akan dipasarkan di lain waktu.

Tujuan Bisnis

Terlepas dari jenisnya, tujuan utama bisnis adalah tetap sama, yaitu memperoleh keuntungan dari barang atau jasa yang dijual kepada konsumen. Selain tujuan utama tersebut, kegiatan bisnis memiliki tujuan lain, di antaranya tujuan berikut ini:

  1. Menyediakan barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat.
  2. Meningkatkan kesejahteraan pemilik usaha dan mereka yang terlibat.
  3. Ciptakan lapangan kerja untuk umum.
  4. Mempromosikan pertumbuhan sosial dan ekonomi secara umum.
  5. Tunjukkan prestise dan performa.
  6. Dalam jangka panjang hal tersebut menunjukkan eksistensi perusahaan.

Konsep Bisnis

Konsep dalam sebuah bisnis bisa dikatakan berjalan dengan baik apabila memenuhi 4 komponen berikut:

  • Core strategy (Strategi inti) yaitu visi dan misi perusahaan, mencakup ekspektasi perusahaan yang ideal.
  • Strategic resources (Sumber daya strategis) meliputi kompetensi inti, aset strategis, dan proses utama.
  • Customer interface (Perantara pelanggan), yaitu dukungan dan realisasi, informasi mendalam, dinamika hubungan dan struktur harga.
  • Value network (Jaringan nilai) adalah jaringan nilai yang ada di sekitar perusahaan untuk meningkatkan dan melengkapi sumber daya perusahaan.

Jenis Jenis Bisnis

Dari sekian banyak jenis yang ada saat ini, bisnis dibedakan menjadi dua kategori utama yaitu berdasarkan jenis kegiatan dan tujuan. lihat penjelasan dibawah ini.

1. Jenis bisnis menurut aktivitas

a) Ekstraktif . kegiatan usaha pertambangan dengan cara mengambil hasil tambang dari perut bumi. Sebagai negara yang kaya akan hasil tambang, Indonesia memiliki banyak perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan. Contoh industri pertambangan tersebut adalah batu bara, minyak, gas alam, emas, tembaga, dll.

b) Pertanian . Usaha pertanian bergerak di bidang pertanian, perkebunan, kehutanan, peternakan dan perikanan. Bidang usaha ini juga berkembang pesat di Indonesia, dan telah dipahami dan dibudidayakan secara luas oleh masyarakat, dari perorangan kecil hingga perusahaan berskala besar.

c) Industri . Usaha ini bergerak di bidang manufaktur, seperti pesawat terbang, kapal, tekstil, furnitur, kertas, dan banyak industri lainnya.

d) Jasa. Kegiatan usaha yang hasil produksinya bukan berupa barang atau produk fisik, melainkan produk jasa, seperti pendidikan, pariwisata, kesehatan, perbankan, dan keuangan.

2. Jenis bisnis berdasarkan tujuan

a) Form Utility (kegunaan bentuk) . Kegiatan berupa proses mengubah suatu benda menjadi benda lain yang bentuknya berbeda dan lebih bermanfaat bagi kehidupan manusia. Contoh bisnis semacam itu termasuk bisnis furnitur, pakaian, dan makanan.

b) Place Utility (Kegunaan Tempat). Bisnis yang mempunyai suatu tempat sedang melakukan suatu kegiatan usaha yang memindahkan suatu barang dari satu tempat ke tempat lain yang akan membawa keuntungan yang lebih besar. Contoh perusahaan yang menggunakan ruang angkasa termasuk transportasi darat, laut dan udara orang dan barang.

c) Time Utility (Penggunaan waktu). Kegiatan utama bisnis yang menggunakan waktu terkait dengan penyimpanan barang. Melalui penyimpanan, ketika item dengan kegunaan lebih rendah menjadi item dengan kegunaan lebih tinggi, item tersebut dapat disimpan untuk dihapus. Usaha penyimpanan adalah contohnya.

d) Possession Utility (Kegunaan kepemilikan).  Jenis bisnis keempat melibatkan bidang-bidang tertentu yang ditujukan untuk merealisasikan kepemilikan barang / jasa, seperti usaha perbelanjaan.

Macam Macam Bisnis

Dengan berkembangnya teknologi maka kebutuhan masyarakat semakin beragam, sehingga bisnis terus berkembang dan dibagi menjadi beberapa macam sebagai berikut:

a. Pertanian/Agribisnis.

Bisnis pertanian atau agribisnis adalah suatu jenis usaha, termasuk segala sesuatu yang berhubungan dengan pertanian, peternakan, perkebunan, perikanan dan lain-lain.

b. Produksi Bahan Mentah.

Bisnis ini merupakan usaha dalam industri yang menghasilkan bahan baku untuk diolah, seperti pertambangan dan kehutanan.

c. Manufaktur.

Bisnis ini bergerak di bidang pengolahan bahan baku atau pengolahan bahan baku untuk menghasilkan produk jadi yang sudah jadi.

d. Konstruksi.

Merupakan suatu kegiatan bisnis yang bergerak di bidang konstruksi dan pembangunan infrastruktur, seperti jalan raya, gedung perkantoran, hotel, bandara dan pelabuhan.

e. Transportasi.

Untuk membantu mobilitas masyarakat dan distribusi komoditas, diperlukan pelaku usaha transportasi seperti produsen dan dealer kendaraan, jasa transportasi udara, dll.

f. Komunikasi.

Bisnis komunikasi merupakan upaya memenuhi kebutuhan masyarakat akan metode komunikasi dan informasi (seperti televisi, radio, telepon genggam, dll).

g. Perdagangan. 

Bisnis tersebut terlibat dalam kegiatan komersial kecil dan besar dan bertindak sebagai perantara yang menghubungkan produsen dan konsumen.

h. Finansial.

Bisnis Finansial adalah usaha yang menyediakan produk berupa jasa di bidang keuangan untuk membantu masyarakat memenuhi kebutuhan kredit modal, asuransi, rencana kepemilikan properti, dll.

i. Jasa.

Bisnis jasa adalah segala kegiatan usaha yang memproduksi dan menjual produk tidak berwujud, seperti jasa konsultasi, biro perjalanan, dll.

j. Utilitas.

Bisnis utilitas menjalankan layanan untuk memenuhi kebutuhan publik, seperti air dan listrik. Bidang usaha ini biasanya dikelola dan didanai oleh pemerintah dalam bentuk BUMN / BUMD.

k. Real Estat.

Bisnis Real estat Adalah usaha yang bertujuan untuk memperoleh keuntungan dengan cara menjual, menyewakan atau mengembangkan real estate (seperti rumah, apartemen dan bangunan lainnya).

l. Jual beli Online.

Jualan online atau bisnis online berkembang seiring dengan perkembangan dunia digital dan teknologi informasi. Dengan menggunakan berbagai platform untuk membeli dan menjual berbagai produk, usaha berjalan secara online melalui internet.

Manfaat Bisnis

Menjalankan bisnis bisa mendapatkan manfaat dan banyak keuntungan bagi para pelaku bisnis. Manfaat tersebut antara lain sebagai berikut.

1. Mendapatkan Penghargaan dan Pengakuan. Memiliki usaha, terutama usaha yang terus berkembang pesat dan memberikan pengaruh serta kontribusi penting bagi masyarakat sekitar, Anda akan mendapatkan apresiasi dan pengakuan positif dari lingkungan.

2. Menjadi Bos untuk Diri Sendiri. Memulai sebuah perusahaan memang tidak mudah, membutuhkan usaha yang serius dan banyak pengorbanan, baik tenaga, waktu, materi, maupun pikiran. Namun, jika jual beli berkembang dengan lancar, Anda akan merasakan manfaat menjadi bos.

3. Menggaji Diri Sendiri. Tidak seperti menjadi karyawan yang bergantung pada orang lain untuk pendapatan Anda, dengan memiliki usaha dagang, Anda dapat membayar sendiri dalam jumlah tertentu. Tak hanya itu, Anda juga bisa membayar gaji kepada karyawan lain.

4. Bisa Mengatur Waktu dengan Leluasa. Jika Anda menjadi karyawan, jam kerja ditentukan oleh perusahaan atau kantor Anda, tidak demikian halnya dengan jiwa kewirausahaan. menjalankan sebuah usaha memberi Anda lebih banyak kebebasan dan fleksibilitas untuk mengatur jam kerja.

5. Memiliki Masa Depan yang Cerah. Merupakan keinginan setiap orang untuk memiliki masa depan yang cerah. Memiliki usaha sendiri adalah salah satu pekerjaan yang dapat mewujudkan keinginan tersebut. Tentunya untuk mencapai tujuan tersebut akan membutuhkan kerja keras agar perusahaan dapat mencapai hasil yang diinginkan di kemudian hari.

Bisnis 2020 yang masih bertahan di Tahun 2021

bisnis 2020

1. Jual Beli Online

Bidang usaha ini merupakan kegiatan jual beli yang dilakukan di dunia maya melalui sarana internet. Memulai usaha secara online membutuhkan media sosial atau medsos untuk membantu mengembangkan usaha. Media sosial online tersebut antara lain bisa website, blog, jejaring sosial dan toko online dapat dijadikan sebagai penggerak usaha. Aktivitas pemesanan, transaksi, pembayaran, konfirmasi, dan konsultasi semuanya bisa dilakukan secara online dengan mudah.

Bidang usaha secara online dan offline memiliki prinsip yang sama. Karena barang dan jasa masih dibutuhkan untuk dibeli dan dijual kemudian hanya dalam bidang usaha online saja. Berbagai aktivitas rutin sudah mulai tergantikan oleh media online, seperti dalam pemasaran dan promosi. Kegiatan usaha baik secara online maupun offline adalah saling mendukung untuk mencapai tujuan sebuah usaha. Usaha di bidang online merupakan sebuah usaha yang dapat dijalankan oleh siapa saja dengan niat dan passion yang tinggi. Jualan online merupakan usaha potensial yang dapat diterapkan pada setiap usaha. Mereka yang ingin memulai usaha online dapat memanfaatkan kemudahan internet dan layanan media online gratis.

Berikut adalah contoh Bisnis online yang menjanjikan:

  • Affiliate Marketing
  • Copywriter
  • Freelancer
  • Influencer
  • Jasa Konsultasi Online
  • Jasa Penulisan Artikel
  • Jual Beli Domain Atau Website (Flipping)
  • Membuat kursus online/digital produk
  • Dropshipping
  • Menulis Buku Indie (Self Publishing)
  • Publisher Iklan
  • Sponsored Post
  • Usaha Pakaian

Contoh Bisnis online untuk pelajar:

  • Jual Jasa Bayar Listrik Online
  • Selebgram / Influencer
  • Dropshipper Online
  • Program Afiliasi
  • Jasa Pembuatan Website
  • Jasa Rakit Komputer
  • Jual Pulsa Online
  • Jasa Penerjemah
  • Jasa Penulis Artikel
  • Reseller Online
  • Jasa Desain Grafis
  • Jasa Editing Video
  • Jual Barang Bekas
  • Jasa Fotografi
  • Blogger
  • Jasa Sablon Kaos
  • Jasa Web Hosting
  • Youtuber
  • Jasa Pengetikan
  • Jasa Percetakan ( Baca: 6 Bisnis Online Untuk Pelajar Paling Menguntungkan)

2. Usaha Rumahan

Usaha rumahan merupakan semua jenis  bidang usaha yang berlokasi di tempat tinggal pemiliknya. Dalam hal ini, pemilik usaha tidak perlu menyewa tempat lain sebagai lokasi usaha, bahkan pemilik usaha pun tidak perlu memiliki properti tertentu. Namun, pemilik usaha tetap harus menjalankan usaha tempat tinggalnya agar usaha tersebut dapat digolongkan sebagai usaha keluarga.

Contoh Usaha Rumahan Yang Menjanjikan:

  • Jasa Katering Harian
  • Jasa Katering Diet
  • Menjual Kue Kering
  • Menjual Jus Buah
  • Usaha Snack Kemasan
  • Usaha Donat Rumahan
  • Jualan  Thai Tea
  • Usaha Nasi Goreng
  • Usaha Investasi Peer to Peer Lending
  • Virtual Assistant
  • Usaha Dropship
  • Usaha Online Shop Baju
  • Mitra Bukalapak
  • Blogging
  • Bidang usaha Affiliate Marketing
  • Usaha Online Course
  • Menulis Artikel Untuk Website Lain
  • Jasa Manajemen Social Media
  • Penulis Ebook
  • Memulai Channel Youtube

Usaha Rumahan Yang Menjanjikan Bidang Pengolahan:

  • Usaha Tas Handmade
  • Membuat Perhiasan / Aksesoris
  • Usaha Mainan Kayu
  • Jasa Laundry
  • Usaha Jilbab
  • Usaha Parsel dan Bingkisan
  • Bidang usaha Budidaya Ikan
  • Usaha Hadiah Unik
  • Usaha Budidaya Jamur
  • Menjahit Kebaya dan Gaun
  • Usaha Rental Perlengkapan Bayi
  • Usaha Salon
  • Bidang usaha Pijat dan Spa Keluarga
  • Jasa Daycare / Tempat Penitipan Anak
  • Menulis Artikel Secara Freelance
  • Usaha Merangkai Bunga
  • Fotografi
  • Event Planner
  • Jasa Dekorasi Acara
  • Web Desainer
  • Personal Trainer
  • Penginapan Guest House
  • Agen Properti
  • Perancang Interior
  • Desain Grafis
  • Guru Musik
  • Jasa Kursus Keterampilan
  • Membuat Bunga dan Tanaman Artifisial
  • Jasa Konsultan SEO
  • Guru Privat
  • Penerjemah
  • Konsultan / Agen Travel
  • Agen Asuransi
  • Life / Career Coach
  • Jasa Pembukuan UKM
  • Usaha Sayuran Hidroponik
  • Jasa Editing dan Proofreading
  • Jasa Perawatan Hewan Peliharaan
  • Usaha Rental Mainan Excavator Mini
  • Usaha Service AC
  • Agen Jasa Pengiriman
  • Usaha Box Sayuran
  • Usaha Frozen Food
  • Jasa Penyewaan Baju dan Kostum
  • Bisnis Rendang Kemasan
  • Jualan Bubur Ayam
  • Usaha Service Handphone
  • Jualan Nasi Goreng
  • Usaha Pertamini
  • Usaha Reseller Kosmetik

3. Usaha Sampingan Modal Kecil atau Tanpa Modal

Anda pasti ingin bekerja sambil memulai usaha dengan modal kecil, terutama untuk pegawai kantoran atau pegawai pabrik? Berikut ada beberapa contoh untuk usaha modal kecil yang bisa anda lakukan:

  • Jasa Laundry
  • Menjual pulsa elektrik
  • Menjual makanan untuk sarapan
  • Jualan foto di internet
  • Membuat blog
  • Membuat toko online
  • Jasa cuci motor
  • Jual beli motor bekas
  • Membuat warkop sederhana
  • Jasa desain grafis
  • Jasa Les Privat
  • Dropshipper
  • Menjual pakaian murah
  • Menjahit pakaian
  • Penerjemahan
  • Jasa pengetikan
  • Menjual aneka kue
  • Makelar properti

4. MLM

Bisnis MLM merupakan salah satu strategi pemasaran hierarkis atau berantai di mana tenaga penjualan tidak hanya dibayar untuk penjualan yang mereka lakukan, tetapi juga dibayar untuk penjualan tenaga penjualan lain yang mereka rekrut. Dalam sistem penjualan piramida atau network marketing ini terdapat istilah member “online” dan “offline”, yaitu orang yang sebelumnya pernah menjual produk sesuai urutan rekrutmen atau registrasi. Dalam sistem ini, online perlu mencari offline sebanyak mungkin. -Membayar banyak untuk mendapatkan dividen atau pengembalian ganda.

Contoh Bisnis Multi Level Marketing di Indonesia:

  • Tiens
  • Amway
  • Herbalife
  • Tupperware
  • NU Skin
  • Young Living
  • Jeunesse Global
  • Oriflame

Demikian gambaran bisnis tersebut, mulai dari pengertian bisnis, macam -macam, jenis konsep dan contoh contoh dalam melakukan usaha . Dan semoga pembahasan secara lengkap ini menjadi sumber referensi dan menambah pengetahuan bagi anda. Semoga artikel ini bermanfaat.

  • Bagikan