Cara Belajar Komputer Bagi Pemula

  • Bagikan
cara belajar komputer

Di era teknologi yang semakin hari semakin canggih sekarang ini, rasanya agak ketinggalan apabila kita belum menguasai komputer. Jadi, kita dipaksa harus belajar cara untuk mengoperasikan komputer.

Zaman dahulu, komputer adalah barang mewah yang hanya dapat dimiliki oleh sekelompok orang tertentu saja. Namun, kini komputer telah dapat diakses dimana-mana.

Penggunaan komputer saat ini telah merambah ke berbagai aspek kehidupan manusia. Dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh komputer, membuat semua orang bergantung pada komputer.

Saat ini komputer juga sudah banyak jenisnya yaitu PC (Personal Computer / komputer pribadi) dan laptop atau komputer portable.

Sebenarnya cara kerja dari keduanya sama saja, hanya saja yang membedakan adalah komponen-komponen bagian dalam dari keduanya, dimana laptop mempunyai komponen yang lebih kecil dan hemat daya.

Supaya lebih detail, maka kali ini Gagego Media akan membahas mengenai cara belajar komputer bagi pemula. Tujuan kami artikel ini ditujukan bagi Anda yang masih awam (untuk pemula) dan berniat belajar komputer agar cepat bisa.

Tips Belajar Komputer Dari Nol Supaya Cepat Paham

cara belajar komputer bagi pemula

Agar cepat paham dan segera bisa mengoperasikan komputer pemula, mungkin Anda dapat menerapkan beberapa tips dasar berikut ini, supaya Anda tahu cara yang tepat dan benar jika memang ingin belajar komputer dari nol (mulai dari awal) bahkan anda bisa belajar secara otodidak.

Niat

Sesesungguhnya sebuah pekerjaan itu tergantung pada niat dalam diri kita. Maka niatkan yang kuat dalam diri Anda untuk belajar dan agar cepat bisa menguasai komputer.

Tujuan

Supaya proses belajar anda berjalan dengan cepat maka Anda harus mempunyai tujuan yang jelas, Apakah tujuan Anda memakai komputer? Apakah hanya sekedar hiburan atau ingin tahu saja atau pekerjaan? Hal tersebut, harus Anda ketahui, sebab dengan tujuan yang jelas Anda dapat memilih menggunakan program sesuai dengan tujuan.

Misalnya Anda ingin mengetahui cara belajar komputer microsoft excel, maka pelajarilah dengan sungguh-sungguh tentang microsoft excel tersebut.

Punya Komputer sendiri

Kenapa harus punya komputer sendiri? Dengan memiliki komputer sendiri, tentu saja Anda akan menjadi lebih leluasa dalam berlatih komputer kapanpun juga. Sebab, sebanyak apapun Anda membaca buku, kalau tidak dipraktekkan secara langsung pasti ilmunya akan kalah juga dengan yang memiliki komputer sendiri.

Rajinlah Berlatih

Semakin Anda rajin untuk berlatih setiap hari, maka akan cepat hafal dan dapat menguasai materi-materi untuk mengoperasikan komputer.

Janganlah takut salah!

Pada saat kita sedang mencoba sesuatu hal yang baru, seringkali kita merasa takut akan salah dan dapay mengacaukan program tersebut. Padahal, kesuksesan berawal dari dimana Anda tidak menyerah disaat mengalami kegagalan. Dan bukan sebuah alasan, karena asal bukan komponen komputer yang rusak, maka sangatlah mudah memperbaiki komputer yang rusak. Maka dari itu tenang dan santai saja saat belajar.

Nah semakin Anda rajin berlatih dan tidak takut salah, maka Anda akan cepat bisa menguasai komputer. Dan bila Anda malas, maka prosesnya akan semakin lama.

Komponen-Komponen di Komputer

komponen komputer

Setelah kita membahas tips dalam belajar komputer, saatnya kali ini kita membahas mengenai dasar-dasar komponen di komputer agar Anda semakin lancar dalam mengoperasikan komputer.Yuk, Langsung saja simak di bawah ini!

Baca Juga: Cara Mengaktifkan WiFi di Laptop

Monitor

Monitor adalah layar yang berfungsi untuk menampilkan gambar atau tulisan yang telah diproses oleh komputer.

Processor / CPU

Processor dapat dikatasan sebagai otak dari komputer yang  mempunyai fungsi untuk memproses perintah-perintah yang dijalankan komputer.

Motherboard

Motherboard atau mainboard adalah papan yang menampung semua komponen-komponen internal dalam komputer, seperti CPU, VGA card, RAM, dan lain-lain.

RAM

RAM alias Random Access Memory yang mempunyai fungsi untuk menyimpan memori sementara sebelum diproses oleh processor. Makin besar RAM, makin banyak juga program yang dapat kamu jalankan sekaligus di komputer. Dan HP zaman sekarang pun bahkan juga sudah memiliki RAM yang setara dengan PC.

GPU (Graphic Processing Unit)

GPU sering dikenal dengan istilah VGA Card, dan mempunyai fungsi yang hampir mirip  dengan processor. Cuman yang membedakan, GPU mempunyai tugas untuk melakukan render pada gambar, animasi serta video yang akan ditampilkan pada layar.

Harddisk

Harddisk adalah sebuah penyimpan data yang berfungsi menyimpan data-data dalam komputer dalam jumlah besar. Maka itu sangat beda dengan RAM yang hanya sementara. Dan kini, harddisk sudah mulai tergantikan SSD yang memiliki kemampuan membaca dan menulis memori dengan lebih cepat dan lebih tahan lama.

Power Supply Unit

Power supply atau biasa disingkat PSU. Mempunyai fungsi sebagai pemasok aliran listrik dari PLN ke komputer. Dan biasanya bentuknya kotak dengan banyak kabel tersambung di dalamnya.

Casing

Casing adalah merupakan tempat komputer tersimpan. Dan casing seringkali bentuknya kotak dan besar. Nah, sebenarnya tanpa casing pun komputer masih bisa nyala. Karena casing merupakan bagian terluar atau rumah dari komponen-komponen yang terpasang.

Sistem Operasi Komputer

Sistem Operasi Komputer

Sistem operasi adalah program yang digunakan untuk menjalankan komputer. Apa jenis sistem operasinya? Sekarang, mari kita simak dibawah ini!

Di Indonesia, ada tiga jenis sistem operasi yang umum digunakan, yaitu  Windows, yang paling banyak digunakan, yang kedua adalah Linux, dan yang ketiga adalah Macintosh. Karena sebagian besar pengguna komputer adalah pengguna sistem operasi Windows, maka kita akan lebih memahami jenis-jenis Windows di komputer tersebut.

Windows XP

Sistem operasi ini telah lama digunakan. Asal mula keluarnya sistem operasi ini adalah 2001 atau 2002, dan sangat popular sekali. Sistem operasi Windows XP ringan dan mudah digunakan, sehingga banyak digunakan oleh masyarakat luas.

Dahulu, saat orang jarang memiliki komputer, sistem operasi ini telah banyak digunakan di tempat umum seperti Warnet (warung internet). Sekarang, Windows XP tidak lagi digunakan karena memiliki antarmuka (interface) yang ketinggalan jaman (kuno) dan tidak dapat digunakan untuk operasi yang berat

Windows 7

Sebelum Windows 7 resmi dirilis pada 2009, Windows Vista sudah lebih dulu muncul. Sayangnya, dibandingkan Windows 7, Windows Vista tidak banyak digunakan. Karenanya, karena banyak pengguna yang beralih menggunakan Windows 7, akhirnya Windows 7 dinobatkan sebagai pengganti lokasi resmi Windows XP.

Karena banyak fungsi yang usang, Windows XP ditinggalkan. Dengan Windows 7, Anda dapat mengimplementasikan lebih banyak aplikasi baru dan mendapatkan antarmuka yang lebih indah dan dinamis.

Windows 8

Windows merilis sistem operasi terbaru Windows8 pada tahun 2012. Tampilan utama Windows 8 sangat berbeda dengan Windows sebelumnya.

Karena perubahan besar ini, saat pertama kali menggunakan Windows 8, kita mungkin akan sangat bingung karena tidak dapat menemukan menu boot. Windows 8 terlihat lebih elegan dan profesional daripada Windows 7. Alhasil, kemunculan Windows 8 dengan cepat menjadi populer di masyarakat.

Windows 10

Sesekali sistem operasi Windows akan selalu diperbaiki, dan jenis Windows baru akan muncul. Pada 2015, Windows10. Di Windows 10, kami menemukan berbagai peningkatan di versi Windows sebelumnya.

Sekilas, tampilan Windows 10 tidak jauh berbeda dengan Windows 8. Namun, kinerja Windows 10 adalah yang paling canggih di antara semua jenis Windows.

Setiap versi Windows memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, oleh karena itu saat menggunakan komputer perlu mempelajari sistem operasinya terlebih dahulu. Anda perlu melakukan ini agar Anda tidak bingung saat mulai menggunakannya.

Software-Software di Komputer

Selain memahami sistem operasi komputer, Anda juga perlu memahami perangkat lunak (software) atau aplikasi yang biasa digunakan oleh user (pengguna komputer). Hal itu karena, untuk menyelesaikan tugas dan pekerjaan pengguna, komputer tidak hanya dapat mengandalkan sistem operasi yang dimilikinya.

Software (perangkat lunak) adalah program atau data yang diinstal di komputer. Di dalam sistem operasi, sebenarnya ada banyak program dasar yang dibutuhkan untuk mengoperasikan komputer.

Oleh karena itu, disini kami ingin mengetahui jenis komputer apa yang ingin anda operasikan. Apakah Anda ingin menonton film? bermain game? untuk mengetik? Atau sekedar browsing Internet?

Berikut ini adalah software-software untuk menggunakan berbagai alat bantu di komputer.

Browser

Browser adalah program untuk berselancar, dan Windows itu sendiri biasanya diinstal secara default, yang merupakan browser Internet Explorer yang dapat digunakan untuk menjelajahi Internet.

Untuk program lain, Anda dapat mencoba Google Chrome, Mozilla Firefox, dll.

Aplikasi Pemutar Video

Untuk menjalankan video tersebut, Anda membutuhkan aplikasi pemutar video. Di Windows, sudah ada aplikasi bawaan bernama Windows Media Player. Anda juga dapat menggunakan aplikasi pemutar video lainnya.

Microsoft Word

Ms. Word merupakan aplikasi yang biasa digunakan untuk mengetik. Jika Anda ingin mengetik, pelajari cara mengoperasikan perangkat lunak.

Photoshop

Photoshop adalah program komputer yang bisa Anda gunakan untuk mengedit foto. Software yang bernama Photoshop ini bisa juga bisa dipakai untuk pemula hingga profesional.

Movie maker

Movie Maker adalah aplikasi edit video yang cocok untuk pemula. Anda dapat menambahkan berbagai efek ke video, memotong video, dan dengan mudah menambahkan lagu ke video.

Notepad

Notepad adalah aplikasi bawaan (built-in) Windows yang fungsinya sangat mirip dengan Microsoft Word. Perbedaannya adalah notepad memiliki fungsi sederhana yang dapat Anda gunakan untuk mencatat konten pendek apa pun.

Paint

Paint adalah perangkat lunak untuk menggambar di komputer. Selain menggambar, melukis jugaAnda juga dapat menggunakan untuk menangkap screenshot dengan mudah (mengambil foto layar).

Microsoft Excel

Program atau aplikasi bawaan Windows lainnya yang sangat penting untuk pekerjaan sehari-hari adalah Microsoft Excel. Umumnya, Microsoft Excel bisa Anda gunakan untuk pengelolaan keuangan dan pengumpulan data. Ada banyak rumus yang memudahkan kita dalam menangani angka menggunakan program ini.

Selain mengolah data keuangan, Anda juga dapat menggunakan Microsoft Excel untuk membuat tabel dan membuat format formulir dengan mudah. Tentunya bagi yang terlibat dalam pekerjaan yang berkaitan dengan administrasi dan manajemen keuangan, Anda harus mahir dalam prosedur ini.

Microsoft Power Point

Jika pekerjaan Anda berkecimpung dengan presentasi di depan umum, maka Anda perlu mempelajari aplikasi Microsoft Powerpoint. Untuk mempelajari aplikasinya, Anda dapat langsung menggunakannya, karena aplikasinya adalah program bawaan Windows.

Dan Banyak Lagi

Sebenarnya Anda perlu mengetahui lebih banyak perangkat lunak lain di komputer Anda. Perangkat lunak mana yang perlu Anda fokuskan bergantung pada kebutuhan Anda. Tentunya akan sangat sulit untuk menguasai semua aplikasi, jadi Anda harus memilih salah satunya.

Baca Juga: Cara Instal Ulang Laptop

. . .

Demikianlah cara belajar komputer untuk pemula dengan cepat. Semoga Artikel ini memberi manfaat dan wawasan buat Anda. Terus semangat belajar dan berlatih, biar semakin mahir ya!

Jangan lupa terus belajar dan selalu kunjungi website kami untuk memperoleh update terkini tentang teknologi. Terima kasih.

  • Bagikan