Cara Cek BSU BPJS Ketenagakerjaaan 2021

  • Bagikan
Cara Cek BSU BPJS
Cara Cek BSU BPJS Ketenagakerjaaan 2021 & Syarat Penerima BSU!

Cara Cek BSU BPJS – Pada pertengahan tahun 2021, pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) kembali menyiapkan Bantuan Subsidi Upah (BSU) BPJS Ketenagakerjaan bagi para pekerja atau buruh yang terdampak pandemi COVID-19.

BSU BPJS Ketenagakerjaan 2021 merupakan bagian dari program bansos kepada pekerja atau buruh untuk mengantisipasi dampak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) 2021 di wilayah PPKM level 4 dan 3.

Terdapat kurang lebih delapan juta calon penerima yang akan disalurkan BSU BPJS Ketenagakerjaan 2021. Bantuan yang akan diberikan sebesar Rp1 juta untuk dua bulan sekaligus, yaitu Juli-Agustus 2021.

BSU BPJS Ketenagakerjaan 2021 direncanakan akan disalurkan secara bertahap. Pada tahap awal, Kemnaker akan menyalurkan BSU BPJS Ketenagakerjaan 2021 kepada satu juta pekerja.

Lantas, bagaimana cara untuk mengecek apakah status Anda termasuk penerima BSU Rp1 Juta BPJS Ketenagakerjaan 2021?

Para pekerja atau buruh yang sudah terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan bisa terlebih dahulu mengecek status kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, apakah aktif atau tidak, melalui situs www.bpjsketenagakerjaan.go.id/

BeBerikut ini merupakan cara cek BSU Rp1 juta BPJS Ketenagakerjaan 2021 dan syarat bagi penerima, dikutip dari laman bpjsketenagakerjaan.go.id, Sabtu (14/8/2021).

Cara Cek BSU Rp 1 Juta BPJS Ketenagakerjaan 2021

Cara Cek BSU 2021
cara cek BSU BPJS

Merupakan upaya pemerintah dalam rangka melakukan pemulihan ekonomi nasional dengan memberikan atau mendukung kebijakan keuangan negara untuk penanganan pandemi Corona (Covid-19).

Bentuk dari Bantuan Subsidi Upah (BSU) berupa bantuan tunai Rp500 ribu/bln selama 2 bulan yang akan diberikan dalam 1 tahap.

Berikut ini cara cek BSU Rp1 juta BPJS Ketenagakerjaan 2021:

  1. Buka laman www.bpjsketenagakerjaan.go.id/
  2. Gulir ke bawah dan pilih menu Cek Status Calon Penerima BSU.
  3. Masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK), nama lengkap, dan tanggal lahir pada kolom yang tersedia.
  4. Centang kode capthcha dan ketuk Lanjutkan.
  5. Setelahnya, akan muncul keterangan status dari calon penerima BSU. Jika dinyatakan lolos verifikasi, pada laman akan muncul keterangan berikut ini:

“Anda lolos verfikasi dan validasi BPJS Ketenagakerjaan sebagai calon penerima Bantuan Subsidi Upah (BSU), untuk verifikasi selanjutnya akan dilakukan oleh Kemnaker. Proses verfikasi dan validasi dilakukan sesuai dengan Permenaker Nomor 16 tahun 2021.”

Syarat Penerima BSU Rp 1 Juta BPJS Ketenagakerjaan 2021

Berikut ini syarat bagi penerima BSU Rp 1 juta BPJS Ketenagakerjaan 2021:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI) ang dibuktikan dengan Nomor Induk Kependudukan.
  2. Merupakan pekerja/buruh yang menerima upah dengan gaji Rp3,5 juta.
  3. Terdaftar sebagai peserta aktif program BPJS Ketenagakerjaan sampai dengan bulan Juni 2021.
  4. Berada di wilayah zona PPKM level 4 dan 3 (28 Provinsi dan 167 Kab/Kota) sesuai Inmendagri 22/2021 dan 23/2021.
  5. Pekerja bekerja di sektor perdagangan, real estate, properti, barang konsumsi, aneka industri, transportasi dan jasa (kecuali jasa pendidikan dan kesehatan).

Itulah cara cek bantuan bpjs ketenagakerjaan dan syarat bagi penerima yang wajib diketahui. Sekian, semoga bermanfaat!

  • Bagikan