Mudah! Begini Cara Instal Ulang Laptop Sendiri

  • Bagikan
cara instal ulang laptop

Saat ini, masih banyak yang belum tahu tentang cara instal ulang laptop, padahal mudah lho! Sebetulnya anda bisa melakukannya sendiri tanpa harus pergi ke tempat jasa instal dan service komputer. Begini caranya!

Kenapa mesti instal ulang laptop? Hal yang perlu Anda ketahui, Ada beberapa alasan kenapa laptop mesti diinstal ulang yaitu karena ingin melakukan update ke sistem operasi Windows terbaru, atau juga karena sistem Windows yang sedang digunakan kurang kompatibel untuk pemakaian perangkat laptop. Dan juga bisa saja sebab sering terjadi eror yang menghambat performa laptop. Beberapa penyebab laptop lemot adalah bisa karena virus, malware, booting yang lambat, dan sebagainya. Nah hal itu juga mengharuskan anda untuk melakukan instal ulang laptop.

Cara Mudah Instal Ulang laptop dari Bebagai Merek

Cara Mudah Instal Ulang laptop dari Bebagai Merek

Cara instal ulang laptop bisa dilakukan dengan menggunakan CD atau flashdisk. Yang mana yang di pilih tergantung kondisinya, dalam arti lebih praktis dengan CD atau tidak. Misalnya, cara instal ulang Windows tanpa CD dipilih karena tidak ada CD / DVD ROM di laptop.

Baca Juga: 7 Cara Mengaktifkan WiFi di Laptop yang Benar

Apakah setiap merek laptop memiliki cara instal yang berbeda-beda? Selama Anda menggunakan sistem operasi Windows, semua yang akan kami bahas tentu saja dapat berlaku untuk semua merek laptop, tak terkecuali MacBook. Nah, berikut adalah cara untuk instal ulang laptop.

Persiapan instal ulang laptop – Periksa daya listrik perangkat

Pertama, sebelum melakukan proses instalasi hal yang perlu anda lakukan adalah dengan memastikan laptop Anda terisi baterai penuh atau belum. Untuk berjaga-jaga, hubungkan laptop Anda ke sambungan listrik. Tujuannya agar baterai tidak terkuras selama proses pemasangan, yang biasanya memakan waktu lama.

Siapkan dulu Tempat Instalasi – Jangan Lupa Mencadangkan Data (Back up Data)

Eith jangan tergesa-gesa, instal ulang laptop ini sebelum mengecek partisi atau drive C Anda. Mengapa? Saat proses instal ulang berlangsung, partisi akan secara otomatis diformat untuk diisi dengan hasil penginstalan sistem operasi baru. Hal ini berlaku pada saat melakukan instal ulang laptop windows 10 dan berbagai macam jenis sistem operasi.

Banyak pengguna terburu-buru menginstal sistem operasi baru di laptop mereka dan menemukan bahwa partisi C telah diisi dengan file sistem operasi baru dan semua data yang disimpan sebelumnya telah dihapus. Oleh karena itu, cadangkan data yang tidak ingin Anda hapus.

Baca juga: Cara Membobol WiFi dengan Laptop

Anda dapat melakukan proses back up dengan memindahkannya ke partisi / drive lain, atau mengamankannya ke hard drive eksternal terlebih dahulu. Sudah? Mari kita siapkan dulu file sistem operasi yang akan diinstal.

Siapkan File Instalasi Sistem Operasi

Sekarang, Apakah Anda ingin menginstal ulang dengan OS (sistem operasi) yang sama atau ingin mengubahnya dengan yang baru? Apapun pilihan Anda, file master instalasi harus disiapkan terlebih dahulu.

Jika proses instal ulang akan dilakukan menggunakan CD, maka Anda harus memiliki CD master instalasi sistem operasi. Sedangkan untuk install ulang tanpa CD dilakukan dengan menggunakan flashdisk. Jika Anda akan menggunakan CD, silahkan untuk melewati subjudul di bawah ini dan langsung menuju ke bagian tentang cara instal ulang laptop dengan CD.

Lalu, Bagaimana Cara Menyiapkan file instalasi ke flashdisk?

cara instal ulang laptop dengan flashdisk

Pertama-tama, siapkan flashdisk yang akan digunakan untuk menginstal. Setidaknya, flashdisk berukuran minimal 8 GB. Dan jenis file untuk master sistem operasi harus dalam format ISO (.iso) yang dapat kita buat dari software burning seperti Windows 7 Download Tool atau Win to Flash.

Sebelumnya, periksa dulu apakah perangkat laptop Anda mendukung Windows 32 bit atau 64 bit. Sesuaikan master Windows dengan kemampuan laptop Anda.

Instal software burning terlebih dahulu jika Anda belum memilikinya. Setelah selesai, berikut cara membuat file instalasi Windows menjadi flashdisk:

  • Masukkan flashdisk ke laptop Anda.
  • Silahkan buka software burning tadi.
  • Pilih file master Windows yang ingin Anda bakar. (Bisa dari CD Windows yang Anda masukkan, atau ada file master yang disimpan di hard disk).
  • Atur lokasi burning ke flashdisk yang akan Anda gunakan.
  • Kemudian Klik Mulai Lagi.
  • Setelah proses selesai, cabut flashdisk dengan cara yang disarankan yaitu Safety Eject Removable Media.

Nah, Anda sudah memiliki file ISO instalasi Windows di flashdisk. Anda dapat mengaturnya sebagai cara untuk instal laptop asus dan merek laptop kompatibel lainnya.

Cara Instal Ulang Laptop dengan CD

  1. Hal pertama yang harus dilakukan adalah me-restart laptop. Pertama tutup semua aplikasi lalu restart.
  2. Selama proses pemuatan dan layar menunjukkan logo pabrikan laptop, tekan tombol yang disarankan untuk masuk ke BIOS.
  3. Ingat, setiap produk laptop memiliki kunci berbeda untuk masuk ke BIOS. Beberapa menggunakan tombol Esc, F2, F1, dan lainnya. Jangan panik karena selama proses loading, informasi kunci untuk masuk ke BIOS akan ditampilkan. Ikuti saja instruksinya.
  4. Masukkan CD instalasi ke ROM.
  5. Atur urutan boot CD ke yang pertama. Di bagian pengaturan BIOS Anda akan menemukan tab Boot atau Boot Device. Silahkan ubah pesanan pertama menjadi CD. Setelah selesai, keluar dari menu BIOS.
  6. Selanjutnya, tekan tombol apa saja.
  7. Proses instal ulang ditawarkan sesuai dengan bahasa pengguna. Pengaturannya tepat setelah keluar dari menu BIOS. Jika Anda ingin menggunakan Bahasa Indonesia, silakan pilih pengaturan termasuk Waktu (Time) dan Currency Format. Lalu tekan Next.
  8. Akan muncul dua pilihan sebelum memproses instalasi Windows, yaitu Upgrade dan Custom. Silakan pilih Kustom jika Anda ingin menginstal secara normal. Jika Anda ingin meng-upgrade versi sistem operasi, Anda dapat memilih yang pertama. Namun, opsi ini jarang dipilih.
  9. Berikutnya adalah pengaturan partisi, yang harus Anda periksa dengan cermat apakah Anda ingin menghapus semua data di sistem operasi lama atau membiarkannya. Yang disarankan adalah menghapusnya karena dikhawatirkan akan menumpuk sebagai data yang tidak terpakai. Itu sebabnya Anda disarankan untuk mem-back up data.
  10. Setelah Anda selesai mengatur partisi untuk instalasi dan memilih format, kemudian tekan Next. Maka Laptop akan restart dalam waktu kurang dari 10 detik.
  11. Setelah restart, layar kembali menyala dan lagi dikatakan tekan sembarang tombol untuk boot dari CD atau DVD. Biarkan saja karena proses install ulang awal sudah selesai. Tunggu hingga dimuat dan layar menampilkan sistem operasi yang baru saja Anda instal.
  12. Silakan atur nama pengguna, nama komputer, dan kata sandi (jika Anda ingin menggunakannya).
  13. Jangan lupa untuk memasukkan kode produk atau nomor seri sistem operasi yang baru saja Anda instal.
  14. Klik menu Pembaruan Windows ( Windows Update) dan pilih Pengaturan yang direkomendasikan Pengguna (User Recommended Settings) jika Anda menggunakan Windows asli (original).
  15. Periksa kembali di pengaturan waktu seperti jam, tanggal, dan lainnya.

Sekarang, laptop Anda telah terinstal ulang. Dan ini adalah cara untuk instal ulang laptop acer, asus dan semua merek yang kompatibel untuk sistem operasi Windows.

Cara Instal Ulang Windows tanpa CD

Sebenarnya cara install ulang tanpa CD alias menggunakan flashdisk sama persis dengan urutan yang disebutkan di atas, kecuali di bagian boot device setting. Caranya, saat masuk ke menu BIOS, atur boot device ke flashdisk. Setelah itu simpan dan lanjutkan proses instalasi.

Instalasi Driver Laptop

Ilustrasi: CD driver |@ windowsreport.com

Proses menginstal ulang sistem operasi berarti memasukkan data baru ke dalam laptop. Namun data tersebut berfungsi sebagai sistem operasi, bukan sebagai software dari komponen laptop seperti VGA, sound card, dan lain sebagainya. Maka dari itu, ada langkah terakhir untuk instalasi driver laptop.

Masukkan CD driver yang disertakan dengan laptop Anda, kemudian instal satu per satu sesuai petunjuk. Dan apabila sudah selesai silahkan restart lagi.

Rata-rata pengguna sistem operasi Windows 10 tidak melakukan proses instalasi driver karena biasanya otomatis mendeteksi komponen laptop. Namun demi kelancaran kinerja dan kenyamanan dalam menggunakan perangkat, Anda tetap harus memasangnya satu per satu.

Setiap kali membeli laptop baru, ada sejumlah CD sebagai master drivernya. Sayangnya, banyak pengguna laptop yang melupakannya. Hingga akhirnya ketika laptop perlu di-install ulang, master driver belum ada.

Nah, tips yang sangat penting bagi anda yang akan membeli laptop baru, simpanlah selalu semua CD yang anda bawa dengan aman, atau jika ingin lebih praktis buat saja dengan bungkusnya saja. Solusi lain (dan sangat disarankan) adalah menyalin semua file driver utama laptop ke hard drive internal laptop serta mencadangkannya di perangkat lain.

Bagaimana jika semua CD driver atau file master hilang? Jangan khawatir. Selalu ada internet yang dapat diandalkan untuk menemukan driver ini dengan mendeteksinya.

Baca Juga: Cara Mematikan Laptop yang Baik dan Benar

Akhir Kata

Nah, itulah tadi cara yang harus anda lakukan dalam instal ulang laptop untuk semua jenis merek. Jadi, Anda dapat menerapkan cara diatas untuk install ulang laptop acer, asus, toshiba, hp, dan semua merk laptop pada windows. Tidak perlu repot mencari jasa install ulang. Namun jangan sering-sering instal ulang karena itu tidak baik untuk kinerja perangkat Anda.

Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di situs Gagego Media.

  • Bagikan