Cara Mematikan Windows Defender di Windows 10

                       

cara mematikan windows defender

Cara mematikan windows defender windows sangatlah mudah untuk diterapkan. Pada kesempatan kali ini, Gagego Media telah siapkan cara menonaktifkan windows defender secara sementara waktu ataupun permanent.

Baca Juga:

Umumnya, windows defender adalah antivirus bawaan windows yang dikembangkan oleh Microsoft untuk mengamankan PC dari ancaman virus. Secara default, windows defender tersebut memanglah ada pada windows 8 hingga windows 10. Akan tetapi, untuk windows 7 kita harus mengunduh dan menginstalnya secara manual agar dapat menggunakan antivirus tersebut.

Pada saat kita hendak menginstall aplikasi, terkadang kita seringkali menjumpai file yang terhapus karena dianggap virus oleh antivirus windows defender.

Maka dari itu, kita haruslah dengan terpaksa mematikan windows defender untuk sementara waktu maupun secara permanen agar aplikasi yang telah diinstal tidak terblokir oleh antivirus tersebut.

Cara Mematikan Windows Defender di Window 10, 8.1, 8 dan Windows 7 – Sementara atau Permanent

Nah, berikut ini cara menonaktifkan antivirus bawaan windows 10 yang mudah anda terapkan sendiri. Anda dapat matikan antivirus windows 10 secara sementara waktu maupun permanen lho. Simak panduan lengkapnya dibawah ini:

1. Mematikan Windows Defender Sementara

Metode yang pertama, kali ini kita akan mencoba mempraktekkan untuk menonaktifkan menonaktifkan antivirus windows defender dengan cara sementara waktu saja. Begini langkah-langkahnya:

  1. Langkah Awal, bukalah Aplikasi Windows Defender. Anda dapat membuka melalui kolom pencarian dengan menggetik Windows Security.
cara off antivirus windows 10

2. Kemudian pilih menu Virus & threat protection.

3. Selanjutnya, buka opsi Virus & threat protection setting.

antivirus bawaan windows

4. Setelah itu pada bagian menu tersebut, pilihlah opsi Real-time protection, Anda dapat non-aktifkan dengan cara menggeser toggle ke posisi OFF.

defender windows 10 disable

5. Selesai! Anda telah berhasil menonaktifkan windows defender.

Perlu Anda catat! contoh tersebut aku lakukan dengan menggunakan windows 10. Jadi, untuk tampilannya pasti sedikit berbeda dengan versi sebelumnya. Selanjutnya untuk mengaktifkan kembali pada Windows defender tersebut, Anda dapat mengakses ke menu tersebut dengan klik atau menggeser toggle pada opsi Real-time protection ke posisi ON.

Dengan mematikan windows defender, sebenarnya akan sangat berbahaya bagi keamanan PC. Akan sangat rentan terhadap serangan virus, apabila Anda terlalu lama untuk mematikan Windows Defender.

Nah, itulah metode dan cara yang dapat Anda praktekkan untuk mematikan windows defender untuk sementara waktu. Bila Anda ingin menonaktifkan windows defender windows 10 secara permanen. Yuk simak panduannya dibawah ini:

2. Mematikan Windows Defender Permanen

Cara mematikan windows defender secara permanen ini dapat kita lakukan dengan beberapa metode yakni tanpa aplikasi tambahan dan dengan menggunakan aplikasi tambahan. Berikut tutorial lengkapnya:

Local Group Policy

Perlu diketahui, Group Policy Editor adalah sebuah fitur dari Windows, biasanya digunakan untuk melihat, membuat dan mengubah group policy, termasuk juga untuk menonaktifkan Windows Defender.

Ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Langkah pertama, tekan tombol Windows + R secara bersamaan untuk membuka RUN. lalu ketikkan gpedit.msc.
win defender disable

2. Selanjutnya, Anda pergi ke Computer Configuration, lalu klik Administrative Templates. kemudian klik pada Windows Components dan lanjut klik Windows Defender Antivirus, selanjutnya carilah Turn off Windows Defender Antivirus. seperti gambar dibawah ini.

windows update defender

3. Setelah itu, klik dua kali pada Turn off Windows Defender Antivirus, kemudian klik pada tombol Enable. Kemudian sesudah itu klik Apply. Dan langkah selanjutnya klik OK dibagian bawah. Seperti gambar berikut:

menonaktifkan windows security

4. Selanjutnya restart pada perangkat PC Anda.

5. Selesai.

Registry Editor

Metode berikutnya hampir sama dengan cara diatas, untuk mematikan windows defender, Anda dapat menggunakan fitur Registy Editor. Registry adalah pusat database dari OS Windows. Sebagian besar fitur dari OS itu berada pada Registry, begitu juga Windows Defender. Nah, untuk menonaktifkan antivirus windows security ikuti petunjuk dibawah ini:

  1. Langkah Pertama, tekan bersamaan Windows +R untuk membuka RUN, lalu masukkan tulisan regedit. seperti gambar dibawah ini:
windows 10 pro windows defender

2. Selanjutnya ikutilah perintah seperti dibawah ini:

HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Policies\Microsoft\Windows Defender

3. Kemudian klik kanan pada folder Windows Defender > New > DWORD (32-bit) value. sebagaimana gambar berikut:

microsoft antivirus defender

4. Berikutnya berilah nama DisableAntiSpyware. Dan kemudian tekan Enter.

5. Langkah berikutnya, klik dua kali pada DWORD (DisableAntiSpyware) yang baru saja Anda buat. Setelah selesai, maka Anda ubah value data dari 0 menjadi 1. Dan selanjutnya untuk menyelesaikan perintah klik Ok. sebagaimana gambar berikut:

matikan antivirus

6. Selesai! Kemudian silahkan lakukan reboot pada perangkat Anda. setelah itu, lihatlah Windows Defender telah berhasil dinon-aktifkan.

Defender Control

Defender Control adalah aplikasi pihak ketiga yang dapat digunakan untuk mematikan Windows Defender. Dengan metode ini sebenarnya lebih praktis dan mudah untuk Anda pakai. Berikut langkahnya:

download windows defender antivirus
  1. Pertama, Anda unduh atau download terlebih dahulu aplikasinya di Google. (silahkan cari sendiri ya)
  2. Setelah proses diatas Anda selesai lakukan, bukalah aplikasi defeder control tersebut.
  3. Selanjutnya klik Disable Windows Defender, untuk mematikan windows defender.
  4. Selesai.

Perlu Anda ingat! pada saat Windows Defender pada kondisi ON (hidup), biasanya warnanya akan hijau. Sedangkan, pada saat Windows Defender mati, maka warna yang asalnya hijau akan berubah menjadi merah.

Baca Juga:

Akhir Kata

Nah, sangat mudah kan? Demikianlah panduan cara mematikan windows defender secara lengkap baik sementara maupun permanen. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat buat Anda yang telah berkunjung di situs Gagego Media.

Jangan lupa nantikan artikel menarik kami berikutnya. Terima kasih!

Baca Juga:
Team #GM