Cara Membuat SKCK Online & Offline, Mudah!

Cara Membuat SKCK
Cara Membuat SKCK

Gagegomedia.com– Bagaimana Cara Membuat SKCK? Simak artikel ini untuk temukan jawaban dalam mengurus pembuatan SKCK baik online dan offline.

Masih banyak yang bingung mengenai cara pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian ( SKCK ). Hingga kini masyarakat awan atau yang belum pernah membuat SKCK biasanya berfikir pembuatan SKCK sangat rumit dan sudah. Namun, nyatanya bertolak belakang dengan anggapan masyarakat awam.

Cara membuat SKCK tidak terlalu sulit dan rumit seperti yang dibayangkan, apalagi sekarang sudah dimudahkan dengan membuat SKCK secara online tanpa harus mengantri dikantor kepolisian.

Sebelum membahas cara membuat SKCK secara online, kami akan memberikan cara membuat SKCK secara offline atau datang langsung kekantor polisi terlebih dahulu.

Syarat Yang Harus Dipenuhi Untuk Pembuatan SKCK

Adapun syarat yang harus anda penuhi :

Bagi Warga Negara Indonesia ( WNI ) yang ingin membuat SKCK :

  • Anda perlu memiliki surat pengantar dari kantor lurah, kecamatan atau kabupaten tempat tinggal anda.
  • Jika surat pengantar sudah ada, anda perlu mempersiapkan fotocopy kartu tanda penduduk ( KTP ) asli atau surat izin mengemudi ( SIM ) asli sesuai dengan domisili yang tertera pada surat pengantar.
  • Fotocopy akta kelahiran / surat kenal lahir / ijazah terakhir anda.
  • Fotocopy kartu keluarga ( KK ).
  • Membawa fotocopy paspor.
  • Serta fotocopy lainnya yang belum memiliki atau memenuhi syarat untuk mendapatkan kartu tanda penduduk ( KTP ).
  • Pas foto berwarna latar belakang merah dan berpakaian yang sopan berkerah ukuran 4 x 6 sebanyak 6 ( enam lembar ).
  • Bagi pemohon yang ingin membuat SKCK berjilbab harus menampakkan wajah secara utuh.

Bagi Warga Negara Asing ( WNA ) yang ingin membuat SKCK, berikut persyaratan yang harus dipenuhi :

  • Surat permohonan dari sponsor, perusahaan atau lembaga yang mempekerjakan  atau yang bertanggung jawab pada WNA.
  • Fotocopy kartu tanda penduduk ( KTP ) dan surat Nikah apabila sponsor dari suami / istri Warga Negara Indonesia ( WNI ).
  • Fotocopy paspor.
  • Kartu Izin Tinggal Terbatas ( KITAS ) atau Kartu Izin Tinggal Tetap ( KITAP ) berupa fotocopy.
  • Surat Tanda Melapor (  STM ) dari pihak kepolisian dan fotocopy IMTA dari pihak KEMENAKER RI.
  • Pas foto berwarna latar belakang kuning dan berpakaian yang sopan berkerah ukuran 4 x 6 sebanyak 6 ( enam lembar ).
  • Bagi pemohon yang ingin membuat SKCK berjilbab harus menampakkan wajah secara utuh.

Pengurusan SKCK Di Polsek, Polres, Mabes Polri Atau Polda

Pembuatan SKCK dapat dilakukan pada tiga tempat, Polsek, Polres dan Polda. Anda dapat memilih ketiga tempat ini sesuai dengan kebutuhan SKCK yang akan anda buat.

Berbeda pemanfaatan SKCK berbeda pula tempat pembuatannya.

Adapun tempat dan tujuan SKCK dibuat sebagai berikut :

  • Polsek

Di kantor polsek melayani pembuatan atau penerbitan Surat Keterangan Catatan Kepolisian ( SKCK ) yang dapat digunakan sebagai syarat pendaftaran pekerjaan kantor biasa seperti, perusahaan swasta, daftar sekolah, pendaftaran calon perangkat desa, pindah penduduk, pembuatan perizinan usaha, pembuatan buku pelaut serta kontrak karyawan Non-PNS. Dapat diartikan pembuatan SKCK untuk Non-PNS.

  • Polres

Pembuatan atau penerbitan Surat Keterangan Catatan Kepolisian ( SKCK ) di kantor polres dapat dipergunakan untuk syarat daftar PNS / CPNS maupun BUMN Non-PNS. Untuk pendaftaran calon kepala desa / DPRD / kepala daerah / bupati dan keterangan menikah untuk anggota TNI / polri.

  • Polda

Keperluan untuk syarat daftar calon wali kota / DPRD tingkat provinsi dan syarat untuk pengurusan visa kerja ke luar negeri anda dapat membuatan SKCK di kantor Polda setempat.

  • Mabes Polri

Syarat untuk keperluan pencalonan presiden dan wakil presiden, anggota legislatif, eksekutif, yudikatif, lembaga pemerintah tingkat pusat, penerbitan visa, izin tinggal tetap di luar negeri, naturalisasi kewarganegaraan, adopsi anak bagi WNA dan melanjutkan sekolah ke luar negeri anda dapat membuat atau menerbitkan SKCK pada kantor Mabes polri.

Cara Membuat SKCK Secara Offline

Untuk membuat SKCK secara onffline anda dapat langsung mengunjungi Polres maupun Polsek. Anda perlu mempersiapkan surat pengantar dari kantor kelurahan tempat domisili dahulu.

Namun, polsek tidak bisa menerbitkan SKCK untuk keperluan administrasi PNS / CPNS, pembuatan visa maupun keperluan yang bersifat antar negara.

Jika anda ingin melamar dan melengkapi syarat untuk administrasi PNS / CPNS, pembuatan visa atau keperluan yang bersifat antar negara anda dapat mengunjungi polres tingkat kabupaten/kota.

Pemohon dapat mengunjungi polres atau polsek dengan membawa berkas yang dibutuhkan seperti, fotocopy kartu tanda penduduk ( KTP ), surat izin mengemudi ( SIM ), kartu keluarga ( KK ), akta kelahiran, paspor dan foto yang berukuran 4 x 6 sebanyak 6 lembar dengan latar warna merah untuk WNI dan latar kuning untuk WNA.

Serta anda perlu mempersiapkan biaya pembuatan SKCK sebesar Rp. 30.000,- rupiah yang akan dibayar kepada petugas polres maupun polsek ( tergantung kebijakan polres atau polsek daerah masing-masing ).

Jika semua berkas sudah lengkap, anda dapat langsung menenui petugas pembuatan SKCK dan mengisi formulir daftar riwayat hidup yang telah disediakan.

Isilah kertas formulir daftar riwayat hidup dengan benar dan sesuai dengan identitas anda.

Bila sudah mengisi formulir, lanjut pada tahap pengambilan sidik jari yang akan di pandu oleh petugas SKCK.

Setelah proses pengambilan sidik jari selesai, kumpulkan berkas-berkas yang dibutuhkan dan tunggu proses pembuatan SKCK selesai.

Sebagai pengingat, jam operasional pelayanan pembuatan SKCK yakni, hari kerja senin-jumat dilayani pukul 08.00-15.00 WIB dan sabtu dilayani pukul 08.00-11.00 WIB.

Cara Membuat SKCK Secara Online

Selain dapat membuat SKCK secara onffline atau datang langsung ke alamat kantor polres dan polsek, anda juga dapat membuat SKCK dari rumah atau yang biasa disebut secara online.

Bagi anda yang tidak memiliki waktu luang yang cukup lama, anda dapat memanfaatkan situs website yang telah menyediakan pelayanan secara online dalam pembuatan SKCK.

Pembuatan SKCK secara online dapat dilakukan pada link berikut htpps://skck.polri.go.id/.

Jika berhasil masuk kedalam situs web tersebut, maka anda akan berapa pada halaman utama.

Anda dapat memasukkan atau mengupload dokumen persyaratan yang diminta kedalam form yang sudah disediakan.

Form tersebut berupa, data pribadi, hubungan keluarga, pendidikan, perkara pidana, ciri fisik, lampiran dan keterangan.

Anda dapat mengunduh semua berkas tersebut kedalam situs web untuk melengkapi persyaratan dan pembuatan SKCK.

Bila sudah, tunggu hingga pembuatan SKCK selesai dilakukan oleh pihak polres atau polsek.

Untuk SKCK yang telah terbit, anda dapat mengampil langsung ke kantor.

Baca Juga: Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Android

Akhir Kata

Demikian syarat dan persyaratan untuk pembuatan SKCK, baik kantor pembuatan SKCK dilakukan sesuai dengan kebutuhan yang anda inginkan serta cara melakukan pembuatan secara offline dan online.

Semoga membantu dan terima kasih.