8 Cara Memulai Bisnis Pakaian untuk Pemula

                       

cara memulai bisnis pakaian

Apa yang harus anda persiapkan terlebih dahulu untuk memulai bisnis pakaian? Bagaimana cara memulai bisnis pakaian dari nol hingga menjadi bisnis yang sukses? Temukan jawabannya di bawah ini!

Baca Juga:

Bisnis pakaian adalah salah satu jenis bisnis yang tak akan pernah ada habisnya. Selain untuk memenuhi kebutuhan pokok, pakaian juga biasanya menjadi koleksi khususnya bagi wanita. Namun, sebelum memulai bisnis tersebut, Anda haruslah memahami bahwa pakaian akan selalu berganti tren dalam waktu yang singkat.

Nah untuk itu dalam memulai bisnis fashion terkhusus pakaian, seharusnya ada banyak hal dan cara agar bisnis tetap berjalan, selain itu anda mesti harus mengikuti dan memahami tren yang terbaru. Di sini, Gagego Media merangkum beberapa catatan penting tentang bagaimana cara memulai bisnis pakaian yang perlu anda baca (khusus pemula).

Cara Berbisnis Pakaian di Rumah dari Nol Hingga Sukses

Dalam memulai sebuah usaha, khususnya pakaian, anda harus memperhatikan 8 tips berikut:

1. Tentukan target pelanggan

usaha jualan baju dirumah
Targeting

Untuk memulai bisnis pakaian, hal pertama yang harus Anda tentukan dan putuskan adalah tentang pelanggan. Tentukan siapa konsumen atau target pasarnya adalah pembeli yang ingin membeli pakaian yang dijual, apakah mereka kelas atas, kelas menengah, atau kelas ekonomi menengah. Atau orang dewasa, anak-anak, remaja atau wanita Muslim.

Penting untuk menentukan target pasar agar produk yang Anda tawarkan selalu dapat menarik pembeli dan pada akhirnya menjadikan mereka pelanggan setia.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Uang dari TikTok

2. Lihat trend terkini

cara jualan baju online

Setelah menentukan pelanggan, cara memulai bisnis pakaian dengan modal kecil agar laris terjual anda harus selalu melihat tren terkini. Jika produk laku di pasaran, selain menarik minat konsumen, insight tentang tren juga bisa membuat dana Anda mengalir dengan cepat.

3. Temukan Supplier terpercaya

belajar bisnis online

Nah Cara untuk memulai bisnis pakaian dengan modal kecil agar cepet laku terjual hal yang terpenting adalah menemukan supplier yang terpercaya. Ini adalah bagian tersulit, karena tidak mudah menemukan orang yang dapat dipercaya dan benar. Lancar atau tidaknya jalur bisnis Anda ditentukan oleh pemasok (supplier) yang Anda pilih. Oleh karena itu, sebelum memilih pemasok (supplier) sebaiknya Anda mencapai kesepakatan yang jelas dan memeriksa dengan cermat barang di pemasok tersebut agar tidak mudah tertipu atau hilang di kemudian hari.

4. Tentukan Dropshipper atau Reseller

memulai bisnis pakaian
dropshiper or reseller?

Cara memulai bisnis pakaian dengan modal kecil adalah dengan menentukan pilihan menjadi dropshipper atau reseller.  Untuk Anda yang masih pemula atau baru ingin memulai usaha dengan modal kecil bisa mencoba memulai bisnis dengan menjadi dropshipper atau reseller. Sistem bisnis dropshipper dan reseller memiliki perbedaan walaupun pada dasarnya sama yaitu menjual barang orang lain atau sebagai pemasar (marketer).

Dalam sebuah dropshipper anda hanya mempromosikan pakaian yang dijual oleh toko, kemudian toko tersebut akan mengirimkan barang yang dibeli oleh customer langsung ke customer tanpa melalui anda namun tetap menggunakan nama anda.

Sedikit berbeda dengan dropshipper, dalam sistem reseller Anda harus memiliki modal terlebih dahulu untuk menyediakan barang yang akan dijual. Atau Anda harus? Persediaan barang terlebih dahulu sebelum dijual.

Sistem dropshipping mutlak dilakukan melalui sistem online atau pemasaran online, sedangkan pada sistem reseller dapat dilakukan dengan dua cara yaitu secara langsung dengan membuka toko pakaian atau online dengan melakukan pemasaran melalui media online seperti facebook, website, instagram, dan begitu seterusnya.

5. Buat Branding

modal membuat brand baju sendiri
branding

Nampaknya membuat branding untuk bisnis adalah suatu keharusan yang mutlak, selain memudahkan pembeli untuk menemukannya, Anda juga mendapatkan keuntungan dengan mudah dalam mempromosikan produk. Anda juga bisa dengan memulai bisnis pakaian dengan produksi barang sendiri, hal itu akan menambah keuntungan.

Tingkat atau level branding selain dipengaruhi oleh pelayanan dan kualitas barang yang dijual juga dipengaruhi oleh branding dengan nama yang mudah diingat. Banyaknya pesaing di bidang bisnis bisa menenggelamkan Anda jika nama merek sulit diingat.

6. Buat Lapak

daftar bisnis online
Toko pakaian

Jika anda ingin sebuah bisnis pakaian dianggap sebagai usaha pakaian bergengsi maka anda dapat mengambil langkah-langkah dengan membuat sebuah lapak atau membuka toko pakaian dan memikirkan konsep usaha pakaian seperti apa yang ingin anda buat. apakah anda ingin memulai bisnis pakaian secara online atau offline.

Jika Anda ingin memulai bisnis pakaian online maka buat beberapa kategori pakaian dan buat deskripsi produk yang jelas. Deskripsi produk yang jelas akan memudahkan pembeli dalam memilih dan membangun kepercayaan. Gunakan website khusus yang menarik dan mudah diakses (berbayar, dengan domain sendiri) bila perlu serta promosikan pakaian yang dijual melalui media sosial.

Jika anda ingin memulai bisnis pakaian offline (nyata), maka tidak salah walaupun sekarang sudah digital atau serba online. Namun, dengan pembeli toko pakaian langsung yang tidak suka membeli secara online memiliki pilihan.

Memulai usaha pakaian offline tentunya akan membutuhkan dana lebih karena Anda perlu membayar sewa toko, listrik, karyawan, dan lain sebagainya. Untuk mengatasi hal tersebut dan menjadikan toko pakaian lebih banyak pembeli, Anda bisa membuka bisnis pakaian online juga melalui website atau hanya dengan memasarkan pakaian yang dijual melalui media sosial.

Anda juga dapat membayar orang lain untuk memasarkan pakaian Anda secara online untuk lebih memperluas jangkauan pemasaran Anda.

7. Buat Promosi Menarik

cara memulai bisnis online dari nol
Promosi

Buat promosi semenarik mungkin. Nah, ini merupakan cara untuk memulai bisnis pakaian agar usaha yang anda jalankan selalu banyak peminat dan menjadi pelanggan setia. Sebagai langkah awal dalam berpromosi, Anda bisa membuat promosi menarik dengan memberikan diskon saat membuka usaha atau memberikan beberapa jenis oleh-oleh cantik bagi pembeli yang membeli pakaian di toko pakaian dengan jumlah pembelian di atas 1 juta.

Selain memberikan diskon atau cinderamata, promosi menarik dengan memberikan diskon rutin bulanan atau promosi kaget (disaat jam-jam tertentu membuat diskon) juga menjadi cara ampuh dalam penjualan untuk menarik pembeli.

8. Update trend

cara buka usaha baju kecil kecilan

Cara memulai bisnis pakaian agar usaha tersebut terus berjalan maka usahkan selalu mengikuti tren. Tren yang selalu berubah menuntut Anda untuk jeli melihat tren yang sedang berkembang. Memang tidak mudah untuk melihat tren tetapi seiring waktu Anda akan lebih sensitif terhadap tren yang diminati pembeli. Hitung dengan cermat pakaian yang banyak diminati dan tentukan jenisnya.

Baca Juga: Usaha Rumahan Modal 50 Ribu

Penutup

Itulah cara memulai bisnis pakaian yang wajib anda ketahui, dari sekian banyak cara memulai usaha yang telah ada, hal utama yang harus dilakukan agar bisnis berhasil adalah sikap pantang menyerah. Tidak ada bisnis yang mudah, yang tumbuh dan meraup untung besar. Bisnis yang akan meraup keuntungan atau omset besar adalah bisnis yang dijalani dengan sikap pantang menyerah.

Baca Juga:
Team #GM