Cara Menanam Kunyit Yang Tepat Agar Berhasil

                       

cara menanam kunyit

Cara menanam KunyitBuat Anda yang berminat budidaya kunyit, maka kali ini kami akan memberikan panduan lengkap cara menanam kunyit yang tepat agar berhasil. Simak ya!

Advertisement

Ternyata, budidaya kunyit bisa menjadi bisnis yang sangat menjanjikan dan menguntungkan. Selain mudah cara menanamnya, kunyit juga kaya akan manfaat,loh!

Walaupun mudah, namun bukan berarti tidak perlu perawatan yang intensif, perawatan selama proses budidaya harus selalu diperhatikan agar kunyit bisa menghasilkan hasil panen yang berkualitas.

Selain mudah dibudidayakan, ternyata kunyit memiliki beragam manfaat bagi tubuh. Hal itu yang membuat konsumen kunyit dari hari ke hari semakin meningkat apalagi di masa pandemi saat ini.

Beberapa manfaat dari kandungan kunyit seperti anti oksidan untuk melindungi tubuh dari radikal bebas.

Selain itu, bisa juga untuk mencegah peradangan, melindungi pencernaan dan juga mencegah kanker.

Nah tidak usah berlama-lama, berikut cara menanam kunyit yang tepat agar berhasil.

Cara Menanam Kunyit Yang Tepat Agar Sukses

Cara Menanam Kunyit
Cara Menanam Kunyit

Nah berikut adalah panduan cara menanam kunyit yang tepat bagi pemula secara lengkap yang harus anda perhatikan:

Pemilihan Bibit

Hal yang paling penting dalam menanam kunyit adalah pemilihan bibit. Karena dengan bibit yang berkualitas, maka akan menentukan kualitas hasil panen. Nah berikut beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mendapatkan bibit berkualitas:

  • Pastikan bibit kunyit tersebut berasal dari indukan yang baik, sehat serta bebas hama dan penyakit.
  • Bibit kunyit memiliki ukuran dan bentuk yang sama. Jangan lupa pastikan warnanya sama.
  • Bibit kunyit berasal dari indukan yang berumur 7-12 bulan, Sebelum ditanam pastikan bibit sudah dormansi atau diistirahatkan.

Penyemaian Bibit

Tujuan penyemaian adalah untuk mengoptimalkan pertumbuhan benih dan memudahkan pengendaliannya oleh petani.

Tujuan terpenting adalah membuat bibit mudah beradaptasi. Dan agar bisa melakukan penyemaian bibit dengan benar dan tepat, maka Anda bisa memperhatikan hal-hal berikut ini:

  • Tempatkan bibit kunyit pada suhu ruangan selama 1-1,5 bulan untuk menjaga sirkulasi udara dan angin yang baik.
  • Bibit kunyit juga dapat ditempatkan pada jerami pada suhu ruangan, atau direndam dalam larutan ZPT selama 3 jam.
  • Simpan bibit sampai tumbuh dan siap ditanam.

Media Tanam

Selain pemilihan bibit, media tanam merupakan hal terpenting yang harus diperhatikan selanjutnya, karena akan sangat menentukan hasil dari kunyit.

Agar bisa menggunakan bedengan untuk menyiapkan media tanam, Anda harus terlebih dahulu menyiapkan peralatan yang diperlukan, seperti batu lonceng, sabit, dan pupuk.

Setelah itu perhatikan hal-hal berikut ini:

  • Cangkul lah tanah sampai gembur, taburkan pupuk kandang kering dan campur lah hingga merata
  • Buatlah bedengan dengan lebar sekitar 60-100cm dan tinggi sekitar 15-50cm.
  • Jangan lupa beri jarak 50cm di antara kedua bedengan dan perhatikan drainase di antara kedua bedengan.

Pemindahan Media Tanam

Waktu terbaik menanam kunyit adalah di awal musim hujan dan panen di awal musim kemarau. Untuk dapat memindahkan bibit yang muncul tunas ke media tanam, maka Anda haruslah memperhatikan beberapa hal berikut:

  • Buat lubang pada bedengan dengan ukuran sekitar 30 × 30 cm dan kedalaman sekitar 60 cm.
  • Kasih jarak 60x60cm di antara lubang, masukkan benih kunyit yang sudah bertunas ke dalam lubang dan tutupi dengan tanah.
  • Dan berikanlah pupuk kandang kering.

Perawatan

Agar kunyit berkembang sesuai harapan dan memiliki kualitas yang baik, banyak hal yang harus dilakukan diantaranya adalah:

  • Penyulaman: Bibit kunyit yang tidak berkembang secara normal atau bahkan malah mati setelah dipindahkan ke media tanam selama satu minggu, maka sebaiknya diganti dengan bibit yang lain yang lebih baik;
  • Penyiangan: Tanaman yang mengganggu di sekitar tanaman harus dihilangkan, karena hal ini akan menghambat pertumbuhan tanaman. Prosesnya harus dimulai saat tanaman berumur sekitar dua minggu;
  • Pembumbunan atau Pembuatan Tanggul: Hujan terkadang akan mengikis tanah di sekitar bedengan.Untuk mengantisipasi hal tersebut, Anda dapat mulai menimbun tanah untuk mengantisipasi agar tidak terjadi genangan akibat hujan. Lakukan ini saat tanaman berumur 3-4 bulan;
  • Pemupukan: Proses ini sangat penting dilakukan agar kunyit mendapatkan nutrisi yang baik sehingga mendapatkan hasil panen yang baik. Kami merekomendasikan agar Anda menggunakan 45 ton pupuk kimia per hektar dan pupuk organik dengan jumlah tanaman 160.000. Pupuk organik yang kami rekomendasikan adalah kotoran ternak;
  • Pengairan: Kunyit tidak menyukai tanah yang tergenang karena dapat menyebabkan kerusakan umbi. Di sini, pentingnya drainase di sekitar bedengan adalah tidak ada air yang dihasilkan di sekitar tanaman;
  • Penyemprotan: Hama dan penyakit bisa saja menyerang tanaman kunyit tersebut kapan saja . maka dari itu, pestisida bisa Anda semprotkan untuk melindungi kunyit dari penyakit penyebab busuk umbi.

Panen

Pemanenan adalah proses terakhir yang paling dinantikan oleh petani. Kunyit bisa dipanen setelah berumur 7-8 bulan. Tanaman kunyit siap panen memiliki ciri khas daunnya berubah dari hijau menjadi kuning atau layu.

Jangka waktu ini dirancang agar rimpang kunyit yang dihasilkan tidak kusut, sehat, tidak cepat busuk, dan sangat layak dikonsumsi.

Penutup

Demikianlah pembahasan dari gagegomedia.com tentang panduan cara menanam kunyit secara lengkap agar sukses dan berhasil. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Advertisement
Team #GM