banner 728x250

15 Cara Mengatasi Gusi Bengkak Secara Alami, Terbukti!

  • Bagikan
cara mengatasi gusi bengkak
banner 468x60

Ada beberapa cara untuk mengobati gusi yang bengkak dengan bahan alami, berikut adalah cara mengatasi gusi bengkak terbukti ampuh dan cepat kempes.

Gusi bengkak adalah salah satu gangguan mulut yang sering di alami oleh sebagian orang. Apabila anda mengalami gejala gusi yang bengkak, ada beberapa cara untuk mengatasi dan mengobati gusi bengkak secara alami. Penasaran?

banner 336x280

Gusi yang bengkak biasanya terjadi dengan di tandai dengan adanya bagian yang mengalami pembesaran, menonjol, dan menggelembung. Gusi bengkak umumnya dapat di tangani dengan memberikan perhatian pada kebersihan mulut. Anda pun dapat mencoba cara alami di bawah ini untuk membantu mengatasi dan mengobati gusi bengkak agar cepat kempes.

15 Cara Ampuh! Atasi Gusi Bengkak dengan Bahan Alami

cara mengatasi gusi bengkak

Beberapa bahan bahan di bawah ini terbukti ampuh untuk mengatasi gusi bengkak. Simak cara berikut!

1. Berkumur Dengan Air Garam

Garam adalah obat yang ampuh untuk mengatasi gusi bengkak. Siapkan saja segelas air hangat dan campur satu sendok makan garam. Aduk rata dan gunakan untuk berkumur. Gunakan 3 kali sehari untuk membantu gusi bengkak sembuh dengan cepat.

2. Kompres Dengan Es atau Air Hangat

Kompres es bisa di gunakan saat gusi bengkak tanpa rasa sakit atau berdenyut. Sedangkan gusi yang disertai nyeri dan berdenyut bisa menggunakan air hangat.

Baca Juga: Cara Mengatasi Kulit Kering Secara Alami

3. Berkumur Menggunakan Lemon

Gusi bengkak bisa di sebabkan oleh gigi berlubang. Menggunakan lemon bisa membasmi bakteri penyebab kerusakan gigi.

Selain itu, kandungan asam pada lemon mengatur keseimbangan pH di dalam mulut. Anda bisa berkumur dengan air hangat yang di campur dengan jus lemon dan menggunakannya 3 kali sehari.

4. Berkumur Menggunakan Daun Jambu Biji

Daun jambu biji bisa di gunakan untuk mengempeskan gusi yang bengkak dengan cepat. Daun jambu biji mengandung zat antibakteri yang dapat menjaga kesehatan mulut. Anda bisa memasak daun jambu biji dan menggunakan air untuk berkumur.

5. Mengoleskan Belimbing Wuluh Pada Gusi

Belimbing juga bisa di gunakan untuk melawan bakteri di mulut. Gunakan belimbing wuluh yang masih mentah dan haluskan hingga halus. Kemudian oleskan pada gusi yang bengkak.

6. Menempelkan Bawang Merah

Kuman penyebab gusi bengkak bisa anda atasi dan obati dengan bawang merah. Bawang merah, juga mengandung antiseptik alami yang berfungsi untuk membunuh kuman. Ini di lakukan dengan menggiling halus 1 siung bawang bombai dengan satu sendok teh garam lalu menempelkannya ke gusi yang bengkak.

7. Menempelkan Bawang Putih

Bawang putih memiliki khasiat sebagai antiseptik alami untuk membantu menyembuhkan gusi bengkak. Cara penggunaannya adalah dengan menyiapkan 1 siung bawang putih dan 1 sendok teh garam. Hancurkan kedua bahan menjadi satu dan kemudian letakkan di atas permen karet yang sakit.

8. Menggunakan Minyak Cengkeh

Kandungan minyak cengkeh bisa mengurangi peradangan. Minyak cengkeh bisa di oleskan langsung ke gusi yang bengkak. Selain itu, Anda juga bisa membilas mulut anda dengan air yang telah anda taburi minyak cengkeh.

9. Mengoleskan Madu Alami

Madu mengandung zat yang bisa mengurangi pembengkakan. Cukup oleskan madu pada gusi yang sakit dan lakukan 3 kali hingga bengkaknya mulai mereda. Pastikan Anda menggunakan madu alami.

Baca Juga: 7 Cara Mengatasi Sembelit secara Alami, 100% Mudah!

10. Mengoleskan Merica

Merica memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang dapat mengobati gusi yang bengkak. Campur merica dan garam, lalu tambahkan air sampai membentuk pasta. Kemudian oleskan ke bagian gigi yang sakit yang menyebabkan gusi membengkak.

11. Menggunakan Asam Jawa

Cara lain untuk mengatasi dan mengobati gusi bengkak adalah dengan menggunakan asam jawa karena sifat antiseptiknya. Caranya adalah dengan memanggang biji asam jawa lalu menempelkannya pada gigi yang sakit.

12. Berkumur Dengan Air Serai

Serai bisa di gunakan untuk mengobati gusi bengkak. Caranya dengan merebus 2 batang serai dan menggunakan air matang untuk berkumur.

13. Berkumur Dengan Air Jahe

Sifat antibakteri pada jahe dapat membantu melawan bakteri di dalam mulut. Caranya dengan menggunakan perasan jahe sebagai obat kumur.

14. Berkumur Dengan Air Kelapa

Air kelapa mengandung antiseptik alami yang dapat di gunakan untuk mengobati gusi bengkak. Setelah menggosok gigi, Anda bisa berkumur dengan air kelapa.

15. Meneteskan Getah Jarak

Getah jarak juga memiliki khasiat antiseptik yang dapat mengatasi dan mengobati gusi bengkak. Selain itu, getah jarak juga mengandung antibiotik yang tinggi. Gunakan setetes getah dari jarak langsung pada gigi yang sakit.

Baca Juga: Cara Mengatasi Hidung Tersumbat dengan Cepat

Kesimpulan

Demikian  15 cara mengatasi dan mengobati gusi bengkak. Jika pembengkakan pada gusi Anda masih tidak berubah, segera konsultasikan ke dokter untuk penanganan yang tepat. Bahaya gusi bengkak dalam waktu lama meningkatkan risiko terkena kanker kepala dan leher. Semoga berhasil!

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan