Cara Mengatasi Kulit Kering Secara Alami

  • Bagikan
cara mengatasi kulit kering

Cara merawat kulit kering dan bersisik tak boleh dilakukan sembarangan. Berikut adalah solusi bagi Anda untuk mencegah dan mengatasi kulit kering dengan cepat dan 100% Terbukti!

Kulit kering merupakan masalah yang mengganggu pasien. Kulit kering cenderung gatal, bersisik, ruam dan mengelupas. Tak heran jika sebagian orang rela mengeluarkan biaya lebih banyak untuk perawatan kulit ini.

Semua perawatan ini untuk kulit yang sehat, lembut dan bercahaya. Namun, cara mengatasi kulit kering tak melulu perawatan kulit mahal. Ada beberapa cara lain untuk mengatasi kulit kering, yang ramah kantong dan mudah dilakukan di rumah.

Cara mengatasi kulit kering Paling Ampuh

cara mengatasi kulit kering secara alami

Karena kelenjar sebaceous secara perlahan memproduksi minyak alami kulit, kulit secara alami akan mengalami kekeringan. Masalah kulit ini bisa terjadi di mana saja di tubuh, tapi biasanya bisa dirasakan di tangan, lengan, dan kaki.

Terkena cuaca kering, pancuran air panas dan bahan kimia tertentu juga bisa menyebabkan kulit kering. Selain itu, penggunaan obat-obatan dan kondisi medis tertentu (seperti dermatitis) juga dapat mempengaruhinya.

Menjaga kulit tetap kering dan lembab penting untuk mengatasi masalah kulit ini. Adapun cara mengatasi kulit kering, di antaranya:

1. Hindari menggunakan air panas untuk mandi

Mandi air panas akan membuat kulit Anda lebih kering. Air panas menghilangkan minyak alami kulit dan menjaga kelembapan kulit, yang dapat mengurangi kelembapan dan mengeringkan kulit. Karena itu, sebaiknya hindari mandi air panas.

Baca Juga: Cara Mengatasi Hidung Tersumbat dengan Cepat

2. Jangan mandi berlama-lama

Apakah Anda termasuk orang yang suka mandi lama? Jika demikian, Anda harus berhenti membiasakannya. Mandi dalam waktu yang lama justru bisa mengeringkan kulit karena kelembapan di permukaan tubuh akan banyak menguap. Jaga waktu mandi sekitar 10 menit.

3. Menggunakan sabun pelembap saat mandi

Jika Anda memiliki kulit kering, sebaiknya gunakan sabun mandi yang dapat membantu melembabkan kulit Anda. Sabun akan menutrisi kulit Anda dari luar, membuat Anda merasa lebih lembab, lembut dan sehat.

4. Hindari menggosok-gosok kulit dengan handuk

Kebanyakan orang sering menggunakan handuk untuk mengeringkan badannya. Namun, dengan terlalu sering menggosokkan handuk pada kulit bisa membuat kulit menjadi kering. Sebaiknya tepukkan handuk dengan lembut di kulit agar tetap lembap.

5. Mengoleskan pelembap tubuh setelah mandi

Gunakan pelembab setelah mandi, terutama pada area kulit kering seperti lengan dan kaki. Anda bisa menggunakan lotion yang ada di pasaran, tapi pastikan kondisi kulit Anda cocok untuk digunakan.

Baca Juga: 10 Cara Mengatasi Sakit Gigi Secara Alami Paling Ampuh!

6. Mengoleskan minyak kelapa

Minyak kelapa dapat membantu merawat kulit kering. Sebuah studi tahun 2014 menunjukkan bahwa minyak kelapa dapat meningkatkan hidrasi kulit dan kandungan lemak permukaan kulit, sehingga efektif dalam merawat kulit kering.

Selain itu, minyak kelapa juga mengandung emollient saturated fatty acid yang dapat berfungsi sebagai pelembab untuk kulit kering dan menghaluskan kulit. Sebab, minyak kelapa bisa dioleskan pada bagian tubuh yang kering.

7. Mandi oatmeal

Oatmeal merupakan salah satu bahan alami yang dapat membantu merawat kulit kering. Menambahkan oatmeal ke bak mandi atau menggunakan krim yang mengandung oatmeal bisa mengurangi kulit kering. Sebuah studi tahun 2015 menunjukkan bahwa ekstrak oat memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan, yang ideal untuk merawat kulit kering, atau Anda dapat memilih menggunakan sabun yang mengandung ekstrak oat sebagai pilihan.

8. Mengoleskan madu

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa madu memiliki sifat melembabkan, memperbaiki dan anti-inflamasi. Manfaat ini menjadikan madu sebagai perawatan kulit kering yang ideal. Bahan alami ini bisa Anda aplikasikan langsung pada kulit kering.

9. Mengoleskan petroleum jelly

Vaseline, juga dikenal sebagai minyak mineral, telah banyak digunakan sebagai humektan. Bahan ini dapat menutupi kulit dengan lapisan pelindung untuk menjaga kelembapan di bawahnya, sehingga membantu merawat kulit kering dan teriritasi. Anda hanya perlu menggunakannya pada kulit yang terasa kering.

10. Menggunakan humidifier di rumah

Humidifier dapat membantu melembabkan udara di dalam ruangan. Menggunakannya di rumah pasti akan mempertahankan kelembapan, sehingga kulit kering terasa lebih lembap dan tidak mudah gatal.

11. Minum air putih dengan cukup

Kulit kering akan membuat Anda harus melakukan rehidrasi dengan benar. Minum air yang cukup dapat membantu kulit Anda memulihkan kelembapan dan membuat kulit Anda lebih lembap. Minumlah sekitar 8 gelas air sehari.

Baca Juga: Cara Mengatasi Gusi Bengkak

Akhir Kata

Tidak sulit kan? Anda perlu mengambil cara mengatasi kulit kering secara konsisten agar hasilnya benar-benar efektif dan maksimal. Selain itu, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter kulit untuk mendapatkan saran lebih lanjut.

  • Bagikan