12 Cara Mengatasi Sakit Gigi Secara Alami Paling Ampuh!

  • Bagikan
cara mengatasi sakit gigi

Terdapat berbagai cara untuk mengatasi sakit gigi, salah satunya adalah cara mengatasi sakit gigi secara alami paling ampuh dan cepat. Simak di sini!

Sakit gigi, Biasanya setiap orang pernah mengalaminya. Rasanya nyut-nyut banget dan sangat mengganggu sekali sehingga berdampak buruk pada aktivitas sehari-hari.

Dengan pergi ke dokter, sayangnya sakit gigi kadang tak bisa langsung dapat di atasi. Nah, di saat inilah di butuhkan cara mengatasi sakit gigi secara alami dan obat obatan darurat untuk meringankan rasa nyeri dan nyut-nyutan saat gigi kambuh.

Sebelum anda pergi ke dokter, berikut beberapa cara mengatasi sakit gigi secara alami dan paling ampuh dengan cepat.

12 Cara Atasi Sakit Gigi Anda Secara Alami dengan Ampuh & Cepat!

cara mengatasi sakit gigi secara alami

Nah, tak perlu berlama-lama, di sini gagegomedia.com telah siapkan 12 cara mengatasi sakit gigi paling ampuh yang alami.

1. Kompres es

Cara pertama yang efektif dan alami untuk mengatasi sakit gigi adalah dengan menggunakan kompres es. Caranya adalah dengan membungkus handuk dengan es dan menyentuh bagian yang bengkak pada bagian gigi yang sakit, biasanya pada wajah atau dagu. Kompresi selama 15-20 menit biasanya meredakan sakit gigi.

Setelah kondisinya membaik, di sarankan untuk pergi ke dokter gigi untuk pemeriksaan lebih lanjut. Pembengkakan saat sakit gigi biasanya di sebabkan oleh luka, kantong nanah atau masalah akar. Jika tidak di periksakan ke dokter gigi secepatnya, keadaan ini berisiko menyebabkan infeksi serius yang bisa menyebar ke gigi lain.

Baca Juga: Cara Mengatasi Hidung Tersumbat dengan Cepat

2. Mengangkat kepala

Dalam beberapa kasus, mengangkat kepala dapat mengobati sakit gigi secara efektif dan alami. Cara mengatasi sakit gigi ini, biasanya di gunakan saat serangan sakit gigi malam hari menyebabkan insomnia.

Penerapan cara ini adalah dengan menggunakan bantal tambahan saat ingin istirahat malam. Kepala yang terangkat mencegah penumpukan tekanan karena darah mengalir ke area mulut dan kepala. Akibatnya, nyeri bisa berkurang, sirkulasi darah membaik, dan bengkak berkurang. Saat rasa nyeri sudah mereda, pastikan segera ke dokter untuk pemeriksaan dan pengobatan lebih lanjut.

3. Kumur air garam

Berkumur dengan air garam merupakan salah satu cara mengobati sakit gigi darurat yang sering di gunakan saat di rumah. Air garam merupakan agen antibakteri alami yang dapat mengurangi peradangan. Air garam juga merupakan disinfektan alami yang dapat membantu membersihkan sisa makanan pada gigi.

Untuk menerapkan metode ini, larutkan setengah sendok teh garam dalam secangkir air matang atau hangat. Saat sakit gigi, solusi untuk mengatasinya bisa di gunakan sebagai obat kumur. Seperti cara aplikasi lainnya, jika sakit gigi terasa lebih baik setelah berkumur dengan air garam, di sarankan segera ke dokter.

4. Kantong teh peppermint

Penelitian telah menunjukkan bahwa peppermint mengandung senyawa mentol yang memiliki efek antibakteri dan antioksidan. Mentol juga memiliki efek mendinginkan dan dapat meredakan nyeri sehingga cocok sebagai pengobatan untuk sakit gigi.

Bagi yang ingin mencoba cara ini, bisa menggunakan teh celup mint bekas. Jangan terlalu panaskan kantong teh sebelum mengoleskannya ke gigi yang sakit. Cara lainnya adalah dengan menggunakan kantong teh mint yang telah di letakkan di lemari es. Sebelum berkonsultasi ke dokter, suhu dingin bisa membantu meredakan nyeri saat sakit gigi.

5. Minyak cengkeh

Senyawa eugenol dalam minyak cengkih terbukti efektif dalam mengobati sakit gigi. Sebagai pengawet alami, eugenol juga dapat mengurangi risiko peradangan pada rongga mulut.

Untuk menggunakan minyak cengkih sebagai obat sakit gigi, cukup letakkan di atas bola kapas yang menyentuh area yang terkena. Cara ini bisa di lakukan beberapa kali dalam sehari hingga rasa nyeri berkurang. Cara lainnya adalah dengan melarutkan minyak cengkih dalam segelas air dan menggunakannya sebagai obat kumur. Tidak di anjurkan bagi anak-anak menggunakan minyak cengkeh untuk obat sakit gigi, karena dapat menyebabkan menelan yang berlebihan.

6. Bawang putih

Bawang putih adalah bahan keluarga lain yang biasa di gunakan untuk mengobati sakit gigi. Senyawa allicin yang terdapat pada bawang putih memiliki efek antibakteri yang sangat kuat. Allicin membantu mengurangi sakit gigi yang di sebabkan oleh bakteri di dalam mulut.

Antibakteri juga bisa mengurangi risiko timbulnya plak pada gigi. Bagi yang ingin mencoba, Anda bisa menekan bagian bawah yang berwarna putih menjadi pasta terlebih dahulu. Anda bisa menambahkan garam secukupnya ke dalam campuran bawang putih lalu mengoleskannya ke gigi yang sakit. Cara lainnya adalah dengan mengunyah bawang putih segar langsung untuk meredakan sakit gigi. Bawang putih mungkin tidak cocok untuk semua orang karena aromanya yang kuat.

Baca Juga: Cara Mengatasi Kulit Kering Secara Alami

7. Daun jambu biji

Daun jambu biji memiliki khasiat antiradang dan antimikroba, yang dapat membantu menyembuhkan luka dan meredakan sakit gigi. Untuk cara mengobati sakit gigi, Anda bisa mengunyah daun jambu biji secara langsung untuk membantu menyembuhkan sakit gigi. Sebelum mengunyah daun jambu biji, pilih jambu biji lembut yang sudah di bersihkan.

Cara lainnya adalah dengan merebus daun jambu biji dan menggunakannya sebagai obat kumur. Daun jambu biji telah terbukti efektif untuk pengobatan jangka pendek, dan efeknya sangat cepat. Setelah nyeri reda, sebaiknya segera ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

8. Bawang merah

Bagi orang yang tidak suka aroma bawang putih untuk mengobati sakit gigi, bawang merah bisa jadi pilihan. Senyawa antimikroba dan pengawet dalam bawang bombay membantu mengendalikan rasa sakit.

Sebagai obat, bawang merah bisa langsung di kunyah untuk menghilangkan rasa sakit. Cara lainnya adalah dengan menghancurkan bawang bombay dan menempelkannya ke area yang terkena. Setelah sakit gigi reda, sebaiknya segera ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

9. Cuka apel

Cuka sari apel adalah disinfektan alami yang membantu menjaga kebersihan gigi dan mulut. Kandungan asam pada cuka sari apel juga bisa mengendalikan bakteri di dalam mulut. Manfaat inilah yang menjadi alasan mengapa cuka sari apel menjadi salah satu pengobatan alternatif untuk sakit gigi.

Menggunakan cuka sari apel sebagai obat sakit gigi cukup dengan melarutkannya dalam segelas air dan berkumur. Cara lainnya adalah dengan memasukkannya ke dalam gulungan kapas kecil dan tepuk-tepuk ke area yang terkena. Anda bisa melakukan ini beberapa kali sehari sampai rasa sakitnya berkurang.

10. Jahe

Jahe mengandung antibiotik alami yang dapat meredakan nyeri. Rempah Jahe bisa di gunakan tidak hanya dapat mengatasi sakit gigi, tapi juga saat perut sedang sakit.

Untuk meredakan sakit gigi, hancurkan jahe dan letakkan di area yang terkena. Cara mengatasi sakit gigi ini, bisa di lakukan berkali-kali hingga kondisinya membaik dan segera memeriksakan diri ke dokter gigi.

11. Thyme

Thyme adalah tanaman aromatik dari keluarga mint. Minyak esensial dalam timi memiliki efek bakterisidal dan antijamur serta dapat meredakan sakit gigi. Daun thyme juga sering di gunakan untuk membantu penyembuhan penyakit infeksi yang menyerang paru-paru, seperti bronkitis.

Jika Anda ingin menggunakannya sebagai pengobatan untuk sakit gigi, larutkan minyak esensial thyme ke dalam segelas air untuk membuat obat kumur. Cara lain adalah dengan memasukkan minyak thyme ke dalam bola kapas dan mengoleskannya ke area yang terkena. Setelah, di ulang beberapa kali rasa sakit yang di sebabkan sakit gigi akan berkurang.

12. Lidah buaya

Gel lidah buaya tidak hanya dapat menyembuhkan luka bakar atau luka ringan. Manfaat lainnya adalah sebagai cara mengatasi sakit gigi secara alami yang efektif.

Penelitian menunjukkan bahwa lidah buaya memiliki efek antibakteri alami yang dapat membunuh bakteri penyebab kerusakan gigi. Oleskan gel lidah buaya langsung pada gigi yang sakit dan pijat dengan lembut sampai rasa sakitnya mereda. Kemudian segera pergi ke dokter gigi untuk pemeriksaan dan pengobatan lebih lanjut.

Baca Juga: 4 Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

Demikianlah cara mengatasi sakit gigi secara alami paling ampuh dan cepat. semoga bermanfaat.

  • Bagikan