7 Cara Mengatasi Sembelit secara Alami, 100% Mudah!

                       

cara mengatasi sembelit

Pernahkah anda mengalami sembelit? Jangan Panik! Di sini anda dapat temukan cara mengatasi sembelit (susah buang air besar) dengan mudah secara alami. Dengan begitu rasa sakit melilit dan tak nyaman yang disebabkan oleh sembelit bisa segera di atasi.

Baca Juga:

Susah buang air besar atau sembelit adalah salah satu permasalahan yang biasanya terjadi pada pencernaan. Penyebab masalah sembelit sangat beragam, bisa saja dari segi makanan yang tidak sehat atau kurang asupan serat, kurang minum air putih, kurang bergerak atau olahraga, bahkan hingga kebiasaan sering menahan buang air besar.

Untuk Anda yang sering mengalami masalah sembelit, Kali ini Gagegomedia.com akan memberikan tips tentang cara mengatasi susah buang air besar dengan mudah di rumah secara alami. Atasi masalah sembelit anda dengan cara berikut:

1. Perbanyak Minum Air Putih

cara mengatasi sembelit alami

Kurang air minum dapat membuat kotoran pada saluran pencernaan menjadi mengeras, sehingga sulit untuk dikeluarkan saat buang air besar. Cara mudah untuk mengatasi sembelit adalah sebaiknya Anda bisa minum air putih atau air mineral minimal 8 gelas per hari.

Selain mengatasi sembelit, minum cukup air  setiap hari juga dapat menghindarkan Anda dari dehidrasi. Kebutuhan air dalam tubuh anda dapat diukur dengan melihat warna urine saat anda buang air.

Apabila urine Anda berwarna kuning tua, Itu tandanya Anda masih kekurangan cairan. Anda dapat minum lebih banyak atau lebih banyak air. Dan bila  Anda masih kekurangan cairan atau Bila Anda masih kesulitan buang air besar.

Baca Juga: Cara Mengatasi Gusi Bengkak Secara Alami

2. Perbanyak Makanan Berserat

Meningkatkan asupan serat makanan dapat membuat feses Anda lebih mudah dicerna dan membuat feses Anda lebih padat, sehingga feses lebih cepat terdorong keluar dari usus. Ada banyak makanan berserat yang baik untuk anda makanan untuk mengatasi susah buang air besar antara lain buah buahan, sayuran, biji-bijian dan kacang-kacangan.

Anda juga dapat menghindari makanan atau minuman dengan kandungan gas tinggi seperti minuman bersoda, susu, makanan berlemak dan sayuran tertentu seperti kol dan lobak, supaya perut anda tidak terasa kembung.

3. Perbanyak Aktivitas fisik atau Olahraga

olahraga

Aktivitas fisik atau olah raga dapat meningkatkan pergerakan otot di saluran pencernaan atau usus. Karenanya, Anda bisa berolahraga secara rutin, misalnya dengan berjalan-jalan di pekarangan rumah selama 15-30 menit setiap hari untuk melancarkan pencernaan dan mengatasi keluhan sembelit.

Baca Juga: Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

4. Gunakan garam Epsom

Garam epsom atau yang lebih dikenal dengan garam inggris juga bisa di gunakan untuk mengatasi sembelit. Magnesium sulfat dalam garam Epsom yang di larutkan dalam air dapat mengobati sembelit jangka pendek. Caranya larutkan sekitar 3-5 sendok teh garam inggris dalam 250 ml air hangat, lalu aduk rata dan di minum. Dan untuk anak usia 6-12 tahun, larutkan 2 sendok teh dalam air minum hangat.

Akan tetapi, metode ini tidak efektif untuk pengobatan jangka panjang dan tidak dianjurkan untuk anak di bawah usia 6 tahun.

Selain diminum, garam epsom juga bisa digunakan untuk mandi. caranya campurkan 350 garam Epsom ke dalam bak atau bak berisi air hangat lalu rendam.

Saat mandi, mineral dalam air garam Epsom dapat masuk ke dalam tubuh dan membantu pencernaan, membantu meredakan sembelit.

5. Gunakan minyak zaitun

Minyak zaitun bisa membuat tinja lebih lembut, sehingga memudahkan buang air besar. Caranya campurkan satu sendok makan minyak zaitun extra virgin dalam segelas jus lemon dan meminumnya.

Selain itu, minyak zaitun bisa digunakan sebagai campuran salad. Tapi ingat, minyak zaitun tidak boleh digunakan untuk mengatasi sembelit jangka panjang.

Baca Juga: Cara Mengatasi Hidung Tersumbat dengan Cepat

6. Hindari kebiasaan menahan buang air besar

hindari menahan buang air besar

Beri diri Anda cukup waktu untuk buang air besar. Jangan terburu-buru atau menunda-nunda pada saat anda ingin buang air besar. Dengan membentuk kebiasaan ini bisa membantu memperlancar buang air besar.

7. Konsumsi kafein

Kandungan kafein dalam kopi, teh, dan chocolate hitam dapat merangsang otot-otot pada sistem pencernaan untuk berkontraksi. Efek ini memungkinkan kafein memperbaiki pencernaan dan merangsang Anda untuk buang air besar.

Namun, Anda tidak di sarankan mengonsumsi kafein secara berlebihan. Ini karena kafein juga menyebabkan Anda lebih sering buang air kecil, yang menyebabkan dehidrasi. Anda hanya perlu minum satu gelas minuman berkafein per hari dan menyeimbangkannya dengan meminum lebih banyak air untuk menjaga asupan cairan tubuh Anda setiap hari.

Akhir Kata

Selain cara mengatasi sembelit alami di atas, Anda juga bisa menggunakan obat pencahar yang di jual bebas atau obat pelepas usus. Akan tetapi, sangat penting sekali untuk selalu membaca label kemasan terlebih dahulu untuk mengetahui dosis yang tepat dan cara meminumnya.

Dan bila sembelit sudah berlangsung lama atau jika cara-cara di atas tidak berhasil dalam mengatasi keluhan atau masalah pada sembelit yang Anda alami, sebaiknya konsultasikan ke dokter agar dapat di berikan penanganan yang tepat.

Baca Juga:
Team #GM