Cara Cek Garansi Xiaomi Resmi atau Tidak

                       

cek garansi xiaomi

Cara Cek Garansi Xiaomi – Buat Anda yang ingin cek garansi xiaomi, maka kali ini kami akan memberikan tutorial cara untuk mengecek HP Xiaomi milik Anda dengan mudah.

Advertisement

Xiaomi telah menjadi salah satu brand terbesar di Indonesia. Bahkan hingga kini telah berada diposisi nomor 3 sebagai brand terlaris di dunia HP yang mengalahkan Huawei. Posisi pertama dan kedua ada iPhone dan Samsung yang dalam waktu dekat bisa tersalip oleh Xiaomi.

Memang, tidak dapat dipungkiri dari hari kehari pengguna HP Xiaomi di Indonesia semakin bejibun. Hal itu karena Xiaomi selalu merilis smartphone terbarunya dengan harga yang ramah di kantong dan murah meriah di Indonesia, sehingga banyak masyarakat Indonesia berbondong-bondong menyukai dan menggunakan smartphone asal Cina ini.

Sayangnya, tidak semua smartphone Xiaomi yang dijual atau dipasarkan di Indonesia merupakan produk resmi. Banyak para penjual yang mengimpor langsung dari China, sehingga pembeli tidak mendapatkan garansi resmi Xiaomi Indonesia. Selain itu, ada juga Xiaomi yang bergaransi distributor dan bukan merupakan produk resmi.

Tidak semua tipe HP Xiaomi dijual di Indonesia. Hal inilah yang menyebabkan banyak penjual langsung mengimpor dari luar negeri dengan jaminan internasional. Jika seller itu dapat dipercaya, mereka biasanya akan garansi jika terjadi kerusakan. Garansi kerusakan hanya berlaku di negara pembelian, jadi jangan harap bisa mengklaim garansi di Service Center Xiaomi Indonesia.

Klaim garansi hanya berlaku untuk HP Xiaomi yang dijual resmi di Indonesia. Oleh karena itu, kami menyarankan Anda untuk membeli HP Xiaomi garansi TAM yang merupakan garansi resmi dari Xiaomi Indonesia. Lalu yang jadi pertanyaan bagaimana cara cek garansi Xiaomi resmi? Untuk mengetahuinya, silahkan simak tutorial kami berikut.

Panduan Cara Cek Garansi Xiaomi Resmi

Terdapat beberapa cara untuk cek garansi dari HP Xiaomi apakah resmi atau tidak, diantaranya ialah dusbook, cek nomor imei dan Cek Garansi Xiaomi Online.

Cek Melalui Dusbook

Cek Melalui Dusbook

Untuk cek garansi Xiaomi apakah resmi atau tidak yang pertama dan paling mudah adalah melihat garansi yang tertera di bagian dusbook. Jika memang resmi pasti akan ada logo TAM di dusbook tersebut. TAM sendiri merupakan distributor resmi Xiaomi di Indonesia.

Akan tetapi, bisa jadi dusbook HP Xiaomi yang Anda beli adalah dusbook palsu. Hal ini biasanya terjadi saat membeli HP bekas Xiaomi. Untuk memastikan keasliannya, Anda bisa mengecek nomor IMEI yang ada di dusbook dengan nomor yang ada di smartphone.

Menemukan nomor IMEI HP Xiaomi Anda sangat mudah. Buka saja menu panggilan telepon, lalu masukkan * # 06 #. Setelah itu, otomatis nomor IMEI akan muncul. Kemudian hanya IMEI yang cocok yang muncul dengan IMEI yang terdaftar di dusbook yang tersedia. Jika ya, maka itu dusbook asli.

Selain garansi TAM, HP Xiaomi yang beredar di Indonesia juga hadir dengan garansi Bless dan Platinum. Namun Bless dan Platinum bukanlah distributor resmi, jadi jika terjadi kendala pada garansi, sebaiknya hubungi pihak Bless dan Platinum yang proses perbaikannya akan lebih rumit dan lama.

Cek Nomor IMEI

Cek Nomor IMEI

Cara cek garansi xiaomi anda yang kedua adalah melalui nomor IMEI. Akan tetapi, caranya jauh lebih canggih karena ada sistem online yang memungkinkan Anda untuk melakukan cek apakah HP Xiaomi yang Anda miliki mempunyai garansi resmi, distributor atau bergaransi internasional.

Untuk melakukan pengecekan HP Xiaomi Anda, kunjungi situs web Kementerian Perindustrian untuk memeriksa IMEI di https://imei.kemenperin.go.id. Di halaman ini terdapat kolom Ceck IMEI yang dengannya kita bisa mengecek IMEI smartphone apakah sudah terdaftar di database Kementerian Perindustrian atau tidak.

Jika smartphone Anda adalah HP Xiaomi dengan garansi resmi maka akan muncul informasi bahwa nomor IMEI sudah terdaftar di database Kementerian Perindustrian. Namun jika tidak muncul, bisa dipastikan HP Xiaomi Anda bergaransi atau distributor internasional.

Cek Garansi Xiaomi Online

Cek Garansi Xiaomi Online

Terakhir, cara untuk melakukan cek garansi Xiaomi secara online adalah dengan cara mengunjungi situs resmi registrasi produk Xiaomi yang beralamat di http://buy.mi.com/id/registration. Caranya cukup mudah Anda hanya perlu masukkan nomor IMEI pada kolom yang tersedia, kemudian klik langkah selanjutnya untuk mulai mengeceknya.

Apabila HP Xiaomi yang dicek adalah produk resmi, maka akan muncul informasi tentang negara pembelian dengan bertuliskan Indonesia. Selain itu, terdapat juga informasi mengenai waktu produksi dan waktu aktivasi yang dapat menunjukkan apakah garansi tersebut masih berlaku atau tidak. Dan Xiaomi sendiri memberikan garansi selama satu tahun untuk setiap jenis smartphone yang dijual resmi.

Selama masa garansi masih berlaku, Anda bisa mengklaim garansi tersebut di Service Center Xiaomi di berbagai kota di Indonesia. Namun, garansi Xiaomi hanya mencakup kerusakan yang bukan disebabkan oleh faktor pemakaian atau bencana alam. Meskipun demikian, perbaikan tetap dapat dilakukan, meskipun harus mengeluarkan biaya untuk pembelian suku cadang dan biaya perbaikan.

Baca Juga:

Akhir Kata

Nah, sekarang Anda bisa mengecek garansi HP Xiaomi Anda dengan mudah, kan? Dengan cara-cara diatas Anda bisa mengetahui apakah handphone yang Anda miliki bergaransi resmi atau tidak, loh!

Sekian artikel dari kami tentang cek garansi xiaomi ini, semoga artikel diatas bermanfaat dan bisa menjadi bahan rujukan bagi para pengguna smartphone xiaomi di seluruh indonesia.

Advertisement
Team #GM