banner 728x250

Cara Cek Imei iPhone, Asli atau Palsu?

  • Bagikan
cek imei iphone
banner 468x60

Cara cek imei iPhone Asli atau Palsu, Mudah! – iPhone adalah salah satu smartphone menengah ke atas yang memang sangat digemari banyak orang.  Sehingga banyak orang membuat replika hanset hampir mirip sekali dengan iPhone mulai dari iPhone 12, iPhone 12 mini, iPhone 12 Pro, iPhone 12 Pro Max, iPhone SE (Generasi ke-2), serta iPhone 11, iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max, iPhone XS,dan juga iPhone XS Max, iPhone XR, iPhone X, iPhone 8, iPhone 8 Plus, iPhone 7, iPhone 7 Plus, iPhone 6s, hingga iPhone 6s Plus, karena saking tingginya keinginan untuk memiliki iPhone. Apakah Anda juga termasuk yang ingin memiliki iPhone tersebut?

Ternyata bila dilihat sekilas, tampilan replika iPhone ini tentunya hampir sama dengan aslinya. Namun, Anda tetap bisa membedakan keduanya dengan berbagai cara. Salah satu cara yang dapat membedakannya adalah melalui cek IMEI iPhone Anda.

banner 336x280

IMEI adalah singkatan dari International Mobile Equipment Identity. Dengan kata lain IMEI merupakan kode produksi yang membedakan satu perangkat dengan yang lain sehingga tidak ada perangkat yang memiliki IMEI yang sama.

Apa itu IMEI?

cara check imei iphone

IMEI adalah bagian penting dari setiap smartphone atau ponsel. Namun, tidak banyak yang menyadari betapa pentingnya IMEI ini. Orang-orang ini tidak mengecek terlebih dahulu saat membeli iPhone atau gadget lain. Faktanya, bahkan toko penjual gadget resmi Apple tidak dapat menjamin bahwa iPhone Anda 100 % asli.

Fungsi dari IMEI, ternyata selain dapat digunakan untuk membedakan bahwa iPhone yang anda miliki asli atau palsu, juga berfungsi dalam menangani kasus pencurian yang mengambil iPhone. Caranya sangat gampang sekali koq, saat Anda mengetahui bahwa iPhone Anda dicuri, maka segera laporkan masalah ini ke provider operator seluler yang Anda gunakan. Tidak butuh waktu lama, provider Anda akan melacak keberadaan iPhone yang dicuri.

Baca Juga: Cara Cek IMEI HP Android

Selain itu, provider juga dapat membantu memblokir sementara iPhone yang dicuri. Pencuri tidak dapat menggunakan iPhone untuk waktu yang lama. Lokasi atau keberadaan pencuri dapat dilacak melalui kantor provider yang Anda gunakan.

Mengecek IMEI sangat penting Anda lakukan pada saat ingin membeli iPhone ataupun smartphone lain. Oleh karena itu, Anda harus membeli gadget secara offline agar dapat membedakan antara iPhone asli atau palsu.

Ada beberapa situs belanja online yang menawarkan harga diskon iPhone yang lumayan miring. Namun, Anda tidak perlu terburu-buru membeli iPhone. Anda harus mengecek dulu keasliannya. Hal tersebut tentu saja tidak dapat Anda lakukan jika membeli iPhone secara online.

Tentunya Anda sudah mengetahui bahwa IMEI pada ponsel juga dapat digunakan untuk menyelesaikan kasus kejahatan yang sedang ditangani oleh polisi. Misalnya, untuk mendeteksi dimana keberadaan pencuri ponsel, maka polisi menggunakan nomor IMEI untuk melacak lokasi keberadaan pencuri tersebut.

Tips Membeli iPhone Asli

cek imei iphone resmi

Sebelum berbicara mengenai cara mengecek IMEI pada iPhone, ada baiknya karena IMEI iPhone sangat erat kaitannya dengan produk asli atau palsu, kami juga akan membagikan beberapa tips untuk mendapatkan iPhone asli. Hal ini sangat penting agar Anda tidak tertipu saat membelinya.

Beli iPhone di Penjual Resmi Apple di Indonesia. Outlet resmi Apple tidak menjamin bahwa iPhone yang dijual di sana selalu resmi. Oleh karena itu, cek IMEI terlebih dahulu agar tidak mendapatkan iPhone palsu.

Saat membeli iPhone, jangan malu untuk mengecek keaslian iPhone langsung melalui salah satu cara yang akan kami bahas nanti. Lalu, cocokkan dengan IMEI yang tertera di dusbook.

Jangan sampai Anda tergiur dengan harga yang super murah, karena pada umumnya baik toko offline maupun situs jualan online tidak akan menawarkan iPhone terbaru dengan harga yang sangat murah. Umumnya mereka hanya memberikan diskon beberapa persen dan tidak lebih dari 50%.

Coba sambungkan ke iCloud atau iTunes, jika tidak ada error atau tidak terjadi kesalahan, bisa jadi iPhone yang dibeli adalah iPhone original atau asli.

Cara cek IMEI iPhone

Nah, saat akan membeli iPhone baik itu iPhone 12 Pro Max, iPhone 12 Pro, Phone 12, iPhone 12 mini, iPhone SE (Generasi ke-2), iPhone 11, iPhone 11 Pro, serta pada iPhone 11 Pro Max, iPhone XS, iPhone XS Max, iPhone XR, iPhone X, iPhone 8, iPhone 8 Plus, iPhone 7, iPhone 7 Plus, iPhone 6s, dan iPhone 6s Plus, sebaiknya lihat dulu apakah IMEI di bodi smartphone sama dengan yang ada di dusbook.

Biasanya, para penjual juga sering mencatat IMEI dalam hal ini bertujuan untuk keperluan garansi iPhone atau semua merk smartphone lainnya. Dan untuk mengetahui IMEI iPhone (iPhone 6, iPhone SE (generasi ke-1), iPhone 5s, iPhone 5c, iPhone 5, iPhone 4s dan iPhone 4 (model GSM)), berikut Gagegomedia berikan beberapa cara cek IMEI iPhone yang telah di rangkum dari bebagai sumber dan juga dari situs resmi Apple.

1. Melalui Sistem iPhone

cek imei iPhone via Sistem iPhone

Cara paling gampang untuk dapat cek IMEI adalah melalui sistem pengaturan iPhone. Begini Caranya:

  • Pertama, Anda masuk ke ‘Settings’
  • Kemudian buka ‘General’
  • Lalu lanjutkan ke ‘About’
  • Dan pada menu ‘About’, cari IMEI iPhone Anda.

Dengan menggunakan cara ini, selain IMEI Anda juga dapat mengecek ICCID lho.

2. Melalui Fisik iPhone

cek imei iPhone Melalui Fisik iPhone

IMEI juga tercantum di bagian fisik iPhone (Phone 12, iPhone 12 mini, iPhone 12 Pro, iPhone 12 Pro Max, iPhone SE (Generasi ke-2), serta iPhone 11, iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max, iPhone XS, iPhone XS Max, iPhone XR, iPhone X, iPhone 8, iPhone 8 Plus, iPhone 7, iPhone 7 Plus, iPhone 6s, dan juga  iPhone 6s Plus).

Untuk melihat IMEI pada fisik iPhone (Phone 6, iPhone SE (generasi ke-1), iPhone 5s, iPhone 5c, iPhone 5, iPhone 4s dan iPhone 4 (model GSM)), Anda harus membuka casing belakang dan melepas baterai yang terpasang di sana. Secara umum, nomor IMEI Anda akan dicetak di dekat slot kartu SIM.

3. Melalui Kode Khusus

cek imei iphone via Kode Khusus

Untuk mengecek IMEI, cara ini sangat efektif pada semua jenis ponsel, termasuk iPhone (mulai dari merk iPhone 12, iPhone 12 mini, iPhone 12 Pro, iPhone 12 Pro Max, iPhone SE (Generasi ke-2), iPhone 11, iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max, iPhone XS, iPhone XS Max, iPhone XR, iPhone X, iPhone 8, iPhone 8 Plus, iPhone 7, iPhone 7 Plus, iPhone 6s, iPhone 6s Plus, iPhone 6, iPhone SE (generasi ke-1), iPhone 5s, iPhone 5c, iPhone 5, iPhone 4s bahkan sampai iPhone 4 (model GSM). Cara cek imei iPhone original atau tidak adalah dengan membuka menu panggilan (calls) seperti saat anda ingin melakukan panggilan telepon (calling), kemudian ketikkan kode *# 06#, maka layar akan menampilkan nomor IMEI smartphone Anda.

4. Melalui iTunes

cek imei iPhone via Melalui iTunes

iTunes tidak hanya berfungsi untuk memasukkan musik ke iPhone Anda. Software resmi dari Apple ini juga bisa melakukan cek IMEI di iPhone. Caranya terbilang cukup mudah, Anda cukup hubungkan iPhone ke komputer yang sudah terinstal iTunes. Selanjutnya jika berhasil terkoneksi klik ‘Library’ di iTunes, maka data dari iPhone otomatis akan ditampilkan di layar, termasuk nomor IMEI iPhone tersebut.

Dan bila telah mengetahui nomor IMEI iPhone tersebut, maka Anda dapat langsung mencocokkan dan mengeceknya dengan imei di dusbook iPhone tersebut. Perlu Anda ingat, bahwa IPhone asli akan memiliki nomor IMEI yang sama di bagian fisik, dusbook, dan sistem.

Setelah anda mengetahui cara cek IMEI iPhone diatas, Anda juga dapat mencocokkannya melalui website cek imei iphone berikut http://www.imei.info. Dan pada saat masuk ke situs cek imei iPhone ini, Anda hanya perlu mengetikkan nomor IMEI yang Anda dapatkan dari iPhone Anda.

Baca Juga: Cara Cek Imei Xiaomi

Setelah itu, website tersebut akan memberikan data lengkap tentang smartphone Anda. Jika sudah masuk IMEI yang tertera di iPhone Anda, namun data yang ditampilkan adalah data dari HP lain, maka bisa dipastikan iPhone Anda palsu atau BM (black market).

Akhir Kata

Cara cek IMEI iPhone sangat bermanfaat bagi Anda yang masih meragukan keaslian sebuah iPhone. Jadi, apakah Anda pengguna iPhone? Sudahkah Anda mengecek IMEI iPhone Anda?

Semoga bermanfaat.

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan