@CILA1992 Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia lain. Amalkan Ilmu-mu walaupun cuman secuil.
                                                                     

Cara Cek IMEI di Smartphone Android, Gampang!

                       

cek imei

Cara cek imei saat ini sangat di cari. Pemerintah telah resmi mengeluarkan kebijakan tentang pemblokiran ponsel yang tidak resmi alias illegal atau BM (Black Market) melalui IMEI (International Mobile Equipment Identity). Kebijakan tersebut, tercantum dalam Permen atau Peraturan Menteri Kominfo November 2019 dan di tandatangani oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, dan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita pada 18 Oktober 2019 di Kantor Kementerian Perindustrian Jakarta.

Baca Juga:

Terkait ponsel BM, pemerintah akan mengecek IMEI seluruh ponsel yang di gunakan di Indonesia. Nomor IMEI ini nantinya akan di cocokkan dengan database IMEI milik pemerintah. Jika Anda tidak memiliki IMEI yang terdaftar, operator akan segera memblokir panggilan tersebut. Apa itu IMEI? Bagaimana cara cek IMEI Ponsel anda?

IMEI (International Mobile Equipment Identity) merupakan kode nomor unik yang di miliki oleh setiap ponsel. IMEI ini ibarat sidik jari ponsel, karena tidak ada ponsel dengan IMEI yang sama. Harap di catat bahwa IMEI terikat dengan jumlah slot kartu SIM di telepon. Karenanya, jika smartphone Anda memiliki dua slot kartu SIM, ponsel cerdas Anda memiliki dua nomor IMEI.

Untuk mengecek nomor IMEI ponsel Anda terdaftar atau tidak, simak panduan cara cek IMEI di Smartphone Android di bawah ini.

Cara Cek IMEI di Smartphone Android

cek imei android

Situs untuk cek IMEI Kementerian Perindustrian (Kemenperin) memang telah tersedia kembali. Namun, sebelum mengecek IMEI di website Kementerian Perindustrian, bagaimana cara mengetahui nomor IMEI ponsel tersebut?

Baca Juga: 5 Cara Mengaktifkan WiFi di Laptop yang Benar

Nomor IMEI merupakan sebuah kode unik yang telah di keluarkan oleh Global Mobile Communications Association (GSMA) untuk setiap slot kartu yang di keluarkan oleh produsen ponsel. Jika ponsel Anda memiliki dua slot kartu SIM, perangkat akan memiliki dua nomor IMEI.

Saat menjual ponsel di Indonesia, semua nomor IMEI akan terdaftar di Kementerian Perindustrian. Hingga saat ini, Kementerian Perindustrian terus mengumpulkan semua data IMEI dari ponsel resmi.

Anda bisa mencoba setidaknya 3 cara untuk mengetahui nomor IMEI ponsel Anda, terutama yang berbasis smartphone Android. Langkah-langkah nya cukup mudah seperti berikut:

1. Menu Pengaturan Ponsel

Pertama, Anda harus membuka menu pengaturan di ponsel Anda. Setelah itu pilih About phone. Nantinya, informasi IMEI smartphone Anda akan di cantumkan.

2. Cek IMEI *#60#

Untuk metode ini, Anda hanya perlu membuka menu dial dan ketik * #06#. Dengan segera, nomor IMEI akan muncul di layar ponsel.

3. Kardus Ponsel

Selain kedua metode di atas, Anda juga dapat menemukan nomor IMEI di kotaknya. Biasa nya nomor IMEI dan informasi lainnya akan di cantumkan.

Baca Juga: Cara Melihat Password WiFi di HP Android

Kesimpulan

Nah, jika sudah menemukan nomor IMEI ponsel Anda, Anda bisa langsung mengunjungi website Kementerian Perindustrian.

Anda bisa mengecek apakah nomor IMEI ponsel anda, terdaftar melalui laman kemenperin https://imei.kemenperin.go.id/. Nanti akan muncul informasi, apakah IMEI ponsel Anda terdaftar atau tidak.

Di sini Anda akan melihat status ponsel, apakah sudah terdaftar atau belum. Tentu saja, Anda dapat menemukan status ini setelah memasukkan nomor IMEI.

Baca Juga:
@CILA1992
@CILA1992 Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia lain. Amalkan Ilmu-mu walaupun cuman secuil.