Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan
15 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

Pada artikel dan kesempatan kali ini gagegomedia.com akan bagikan informasi terbaru mengenai 15 manfaat dari bawang putih untuk kesehatan. Apa saja manfaatnya? Simak pembahasan berikut.

Bawang putih adalah bumbu atau remapah-rempah yang biasa digunakan di Indonesia sebagai bahan untuk menambah cita rasa masakan.

Jenis bawang yang satu ini memiliki cita rasa khas yang tidak pernah dilupakan dalam setiap pengolahan masakan.

Bawang putih memang sudah lama pakai sebagai bahan penyedap berbagai masakan, baik itu ditumis ataupun dibakar.

Bawang putih tidak hanya rasanya yang lezat, sedap dan gurih tetapi juga sangat baik untuk kesehatan kalian. Dibawah ini merupakan beberapa manfaat bawang putih bagi kesehatan:

Apa Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

Terdapat banyak manfaat dan khasiat yang didapat dari bawang putih untuk kesehatan kalian, diantaranya adalah sebagai berikut:

Salah satu manfaat bawang putih untuk kesehatan adalah dapat menurunkan tekanan darah. Hal ini dibuktikan oleh penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Nutritional Biochemistry.

Baca Juga: Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan

Penelitian yang dilakukan di Universitas Ankara menunjukkan bahwa setelah empat bulan penelitian, responden yang mengonsumsi suplemen ekstrak bawang putih mengalami penurunan tekanan darah yang signifikan.

Studi yang sama menemukan peningkatan profil kolesterol pada orang yang secara teratur makan bawang putih.

Meski begitu, manfaat bawang putih selama ini masih perlu dipelajari lebih lanjut.

Menjaga kesehatan jantung

Manfaat bawang putih lainnya adalah dapat melindungi penderita diabetes dari penyakit kardiomiopati (kardiomiopati kronis).

Fakta ini diperoleh dari penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry.

Penelitian telah menemukan bahwa dialil trisulfida, komponen minyak bawang putih, mungkin baik untuk jantung.

Meningkatkan daya tahan tubuh

Konsumsi bawang putih dinilai memiliki kemampuan untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Namun, manfaatnya masih perlu dipelajari lebih lanjut.

Selain penggunaan bawang putih, penting untuk memiliki pola makan yang seimbang agar kebutuhan nutrisi tubuh terpenuhi dengan baik.

Pencegahan flu

Seberapa sering kalian terkena flu? Coba bawang putih. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh American Family Doctor, makan bawang putih secara teratur dapat mengurangi frekuensi flu dan mencegahnya.

Mengurangi Risiko Osteoartritis

Manfaat bawang putih selanjutnya adalah dapat mencegah penyakit sendi degeneratif. Sebuah studi tentang topik ini dilakukan di King’s College London dan University of East Anglia.

Penelitian menunjukkan bahwa wanita yang rutin mengonsumsi bawang putih dalam menu hariannya akan mengalami penurunan risiko penyakit tulang dan sendi.

Osteoarthritis adalah kondisi peradangan sendi yang umumnya terkait dengan penuaan.

Membantu mengatasi peradangan

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan oleh Harvard Health Publishing, bawang putih memiliki kemampuan untuk mengatasi peradangan kronis yang terjadi di dalam tubuh.

Kandungan bawang putih yang dianggap memiliki kemampuan melawan sel inflamasi dapat ditemukan pada kasus autoimun.

Namun, manfaat bawang putih untuk obat antiradang ini masih perlu dipelajari lebih lanjut.

Mengurangi risiko kanker paru-paru

Apakah kalian suka makan bawang putih mentah? Lebih baik lanjutkan kebiasaan ini.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Cancer Prevention Research, mengonsumsi bawang putih mentah mungkin bermanfaat dalam mengurangi risiko kanker paru-paru.

Baca Juga: Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan

Penelitian yang dilakukan di Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Provinsi Jiangsu menemukan bahwa responden yang makan bawang putih mentah setidaknya dua kali seminggu memiliki risiko 44% lebih rendah terkena kanker paru-paru.

Melawan radikal bebas

Salah satu manfaat bawang putih adalah dapat menurunkan risiko berbagai penyakit karena kandungan antioksidannya. Kandungan ini dapat membantu melawan radikal bebas.

Mengurangi risiko penyakit Alzheimer

Kandungan antioksidan dalam bawang putih sangat membantu dalam mengurangi stres oksidatif dalam tubuh.

Selain kemampuannya untuk membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah, antioksidan berpotensi mengurangi risiko penyakit otak, seperti penyakit Alzheimer dan demensia.

Memberikan efek detoksifikasi

Manfaat bawang putih dalam memberikan efek detoksifikasi berasal dari kandungan belerangnya.

Dalam dosis besar, konsentrasi ini menunjukkan efek perlindungan pada organ tubuh terhadap kemungkinan racun logam dalam tubuh.

Meningkatkan kesehatan tulang

Satu penelitian menggunakan ekstrak bawang putih kering pada wanita pascamenopause. Akibatnya, penipisan defisiensi estrogen membuat seseorang rentan terhadap osteoporosis.

Mencegah kerusakan hati

Kerusakan hati sering disebabkan oleh kebiasaan buruk, seperti konsumsi alkohol jangka panjang. Namun, kalian bisa menghindarinya dengan mengonsumsi bawang putih. Penelitian yang dilakukan oleh Universitas Shandong, Cina telah menunjukkan bahwa kandungan dialil disulfida dalam bawang putih bermanfaat untuk hepatoprotektif dengan melawan stres oksidatif yang diinduksi etanol.

Kaya nutrisi

Bawang putih mengandung banyak nutrisi, seperti magnesium, vitamin B6, vitamin C dan nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh.

Mencegah Persalinan Prematur

Penyebab paling umum dari persalinan prematur adalah infeksi selama kehamilan. Bawang putih dipercaya memiliki efek antibakteri yang dapat mencegah infeksi dan mengurangi risiko kelahiran prematur. Namun, manfaat bawang putih dalam mencegah kelahiran prematur masih perlu dipelajari lebih lanjut.

Baca Juga: 10 Manfaat Daun Seledri untuk Kesehatan

Akhir Kata

Bawang putih harus dikonsumsi mentah atau diekstraksi. Alasannya, proses pemanasan dapat mengurangi efek antiperadangan pada bawang putih. Meski begitu, bawang putih tidak dapat menggantikan peran obat secara utuh.

Demikianlah beberapa manfaat bawang putih untuk kesehatan yang perlu kalian ketahui. Sekian dan semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian semua.