Manfaat Daun Jarak untuk Kesehatan

  • Bagikan
manfaat daun jarak

Manfaat tanaman jarak memanglah banyak sekali. Jarak mampu tumbuh subur di Indonesia. Tanaman ini merupakan salah satu tanaman liar yang biasa tumbuh di hutan, pinggiran pantai dan tanah kosong. Tanaman yang di sebut sebagai apotik hidup ini, sangat banyak di cari orang karena di percaya mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit. Manfaat daun jarak sudah sangat umum di gunakan sebagai tanaman herbal, sehingga sejak zaman dahulu tanaman jarak ini mampu menjadi rebutan para penjajah. Karena tanaman ini mempunyai manfaat yang menyeluruh mulai dari daun, buah hingga bijinya.

Tak hanya itu, saat ini banyak penelitian tentang minyak jarak yang di percaya dapat menjadi bahan bakar. Tentunya hal tersebut membutuhkan kajian yang matang lebih lanjut sehingga mampu menggantikan posisi barang tambang, minyak yang masih saja selalu di butuhkan. Akan tetapi kali ini kita tidak akan berbicara tentang hal tersebut, karena kita akan fokus membahas mengenai manfaat daun jarak.

Daun jarak merupakan salah satu tanaman herbal yang telah sejak zaman dahulu di percaya dapat mengatasi bermacam macam masalah kesehatan mulai dari yang ringan hingga berat. Bahkan, sudah di ketahui banyak orang manfaat daun jarak dapat memperbesar alat vital pria. Benarkah? apakah daun jarak bisa membesarkan payudara? Lantas, apa saja manfaat daun jarak untuk kesehatan? Berikut adalah beragam khasiat daun jarak yang perlu anda ketahui.

Khasiat dan Manfaat Daun Jarak Untuk Kesehatan

manfaat daun jarak

Bagi anda yang ingin mengetahui khasiat dan manfaat dari daun jarak, berikut adalah beberapa manfaat daun jarak untuk anak, wanita dan untuk kesehatan:

1. Mengatasi Susah Buang Air Besar

Daun Jarak yang masih segar, anda kukus dan dapat anda jadikan lalapan dalam makanan. Hal ini sangat efektif untuk melancarkan BAB.

2. Menurunkan Panas Pada Bayi

Dua hingga tiga daun jarak yang sudah bersih. Kemudian oleskan minyak goreng yang masih segar. Lalu Panaskan daun di atas kompor selama dua menit hingga panas terasa merata. Kemudian letakkan daun tersebut pada perut dan punggung bayi agar tidak mudah lepas dan dapat menempel pada gurita bayi

3. Mengobati Kurap

Minyak jarak sangat efektif mengobati kurap dan masalah kulit secara umum. Senyawa aktif yang di sebut asam undesilenat dapat di temukan dalam minyak jarak sehingga mampu membantu mengobati kurap.

4. Mengobati Jerawat

Daun jarak tak hanya dapat mengobati berbagai macam penyakit, namun juga dapat menyembuhkan jerawat yang membandel di wajah. Caranya ambil satu helai daun jarak kemudian anda cuci bersih dengan air,lalu siapkan lah air hangat di dalam mangkuk kemudian masukan daun jarak yang sudah anda cuci bersih dan masukan garam dapur.

Setelah itu, diamkan selama satu jam hingga air telah dingin, kemudian usapkan daun jarak pada wajah anda secara menyeluruh. Selanjutnya, diamkan selama 30 menit kemudian bilas dengan air. Lakukan lah prosedur ini setiap hari sebelum tidur.

5. Mengobati Luka Sariawan

Getah jarak pagar dapat anda gunakan sebagai obat luka sariawan, caranya adalah ambil getah jarak dengan kapas dan kemudian tempelkan ke bagian mulut yang sariawan, pakailah secara rutin maka sariawan anda akan segera sembuh.

6. Mengobati Sakit Gigi

Gigi yang berlubang akan dapat dengan mudah di masuki oleh bakteri sehingga menyebabkan rasa sakit. Nah, untuk mengatasi rasa sakit pada gigi, anda dapat menggunakan getah jarak yang anda teteskan pada bagian gigi yang sakit.  getah jarak memang dapat mengobati sakit gigi, karena getah jarak mengandung antimikroba, yang dapat membasmi bakteri Ecshereccia Coli, Streptococcus, Staphylococcus.

7. Mengobati Sakit Luka

Getah jarak memiliki zat antimikroba, sehingga di percaya dapat membuat luka cepat kering. Caranya adalah dengan meneteskan getahnya menggunakan kapas. Kemudian diamkan beberapa saat, maka luka tersebut akan cepat kering.

8. Mengobati Keputihan pada Mulut Bayi

Keputihan yang di alami bayi biasanya disebabkan oleh Candida yang menempel pada puting susu ibu, kemudian saat menyusui bayi, Candida albicans akan menempel dan berkembang biak sehingga menyebabkan keputihan pada mulut bayi. Untuk mengatasi masalah ini, ambil batang kastor segar, lalu ambil sarinya dan di teteskan ke dalam mulut bayi.

9. Mengobati Radang Telinga

Untuk mengobati sakit telinga yang di sebabkan karena influenza, maka dapat menggunakan getah jarak yang ada pada daun jarak. Caranya adalah dengan mengambil getah pada daun jarak sebanyak satu sendok makan lalu teteskan sebanyak 6 kali. Setelah itu diamkan beberapa saat dan selanjutnya bersihkan dengan menggunakan kapas secara perlahan.

Cara Mengolah Daun Jarak

manfaat tanaman jarak

Selain anda telah mengetahui berbagai macam manfaat daun jarak secara menyeluruh, hal yang tak kalah pentingnya adalah mengetahui cara mengolah daun jarak supaya lebih dapat mengoptimalkan manfaatnya. Daun jarak juga dapat anda jadikan sebagai obat luar (kompres atau tapal) maupun obat herbal yang di minum.

Berikut beberapa cara mengolah daun jarak yang aman dan kami rekomendasikan untuk anda:

Dijadikan tapal

Gunakan daun jarak segar lalu di tumbuk dengan menambahkan sedikit air hangat, kemudian dapat anda jadikan senagai tapal. Tapal ini nanti dapat anda oleskan di dahi (untuk dapat meredakan sakit kepala), di payudara (untuk merangsang produksi ASI), di perut (untuk dapat melancarkan buang air besar), dan pada bisul (agar supaya cepat kempis).

Anda pun dapat memperoleh manfaat daun jarak dengan mencampurkannya dengan minyak esensial . lalu mengoleskannya di bagian perut. cara ini terbukti ampuh untuk meredakan perut kembung pada anak.

Manfaat daun jarak dapat juga di jadikan tapal dengan cara menghangatkannya dengan susu terlebih dahulu . Kemudian oleskan di bagian kulit yang mengalami luka untuk mempercepat penyembuhan nya.

Direbus

Daun jarak dapat juga di rebus, dan untuk di minum airnya. Cara mengolah daun jarak  dengan di rebus ini di percaya mampu melancarkan ASI, menstruasi, meredakan panas, mencegah kerusakan hati, sapai dapat menyembuhkan sakit perut.

Dibuat jus

Manfaat daun jarak dapat juga Anda rasakan untuk membuatnya menjadi jus supaya di minum. Jus daun jarak ini dapat di percaya mampu menawarkan racun yang di sebabkan akibat penyalahgunaan obat-obatan terlarang, ataupun menurunkan kadar bilirubin pada orang dewasa yang menderita jaundice (sakit kuning).

Kandungan Zat pada Daun Jarak

manfaat daun jarak untuk kesehatan

Tanaman jarak adalah jenis pohon yang berbuah setiap tahun dengan batang dan buku berpohon. Daun jarak tidak berukuran besar, relatif berwarna hijau kekuningan sedang, tetapi ada jenis yang berwarna merah. Tanaman jarak di sebut juga jarak pagar karena suka di tanam di pekarangan yang tingginya menyerupai tinggi pagar rumah.

Seperti halnya khasiat dari berbagai tanaman herbal lainnya yang dapat memberikan kesembuhan terhadap berbagai penyakit seperti manfaat daun salam atau manfaat daun binahong, daun jarak juga memiliki fungsi yang baik untuk berbagai penyakit. Jarak pagar mengandung senyawa penting seperti quercetin, kaempferol, astragalin, nicotiflorin dan lain-lain. sehingga menyimpan fungsi yang baik untuk pengobatan penyakit

Efek Samping Daun Jarak

manfaat getah daun jarak

Efek samping utama tanaman jarak ini ada pada minyaknya pada reaksi kulit dan gangguan pencernaan. Minyak jarak di pecah oleh usus kecil menjadi asam risinoleat dan bertindak sebagai iritasi pada lapisan usus Anda. Efek-efek inilah yang memberi minyak jarak kemampuannya untuk menjadi sembelit – tetapi itu juga alasan ketidaknyamanan pencernaan, diare, dan efek samping gastrointestinal lainnya.

Jika Anda mengalami kram, iritasi usus besar, bisul, divertikulitis, wasir, radang usus besar, prolaps, atau baru saja menjalani operasi, Anda mungkin harus menghindari minyak jarak karena efek samping ini. Meskipun minyak jarak telah di gunakan secara tradisional untuk membantu merangsang persalinan pada wanita hamil yang sehat, di temukan bahwa mual di alami oleh wanita.

Baca Juga: 6 Resep Masak Ayam Terbaru Paling Trending


Kesimpulan

Sekali lagi bahwa manfaat untuk kesehatan dari tanaman jarak tidak jauh dari pengamatan ilmiah dan efek samping yang telah di laporkan. Untuk hal baru, gunakan dengan hati-hati untuk meminimalkan reaksi yang tidak terduga.

Meski manfaat minyak jarak dan minyak jarak cukup banyak, namun sebaiknya Anda tidak mengkonsumsinya secara berlebihan.

Jarak pagar merupakan salah satu tanaman yang beracun, dan daunnya merupakan salah satu bagian yang mengandung racun tersebut walaupun tidak sebanyak biji jarak pagar. Munculnya penyakit tertentu, seperti penyakit saraf, merupakan efek samping yang bisa terjadi jika terlalu banyak mengonsumsi daun jarak pagar.

Perlu di ketahui, penelitian lebih lanjut tentang manfaat daun jarak dan minyak jarak masih di perlukan untuk membuktikan keefektifannya. Karena itu, jika Anda memiliki keluhan suatu penyakit, Anda tetap harus segera berkonsultasi ke dokter.

  • Bagikan