banner 728x250

10 Manfaat Daun Seledri untuk Kesehatan

  • Bagikan
manfaat daun seledri
banner 468x60

Tak hanya sebagai bahan pelengkap makanan, ternyata manfaat daun seledri sangat luar biasa untuk tubuh kita. Seledri sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Lalu ,apa saja sich manfaat daun seledri untuk tubuh? Simak pembahasan berikut!

banner 336x280

10 Manfaat Daun seledri untuk kesehatan

Manfaat Daun seledri untuk kesehatan

Kandungan kalori dalam daun seledri sangat rendah, untuk bagi anda yang sudah mengetahui hal ini akan memasukkan daun seledri sebagai salah satu asupan dalam diet sehat.

Namun, masih ada kandungan serat, antioksidan dan nutrisi seledri yang bermanfaat bagi kesehatan. Untuk itu, berikut manfaat daun seledri bagi kesehatan:

1. Sumber antioksidan yang baik

Antioksidan dapat melindungi sel, pembuluh darah, dan organ Anda dari kerusakan oksidatif.

Seledri sendiri mengandung vitamin C, β-karoten dan flavonoid. Namun, batang daun seledri mengandung setidaknya 12 nutrisi antioksidan.

Selain karena mengandung antioksidan, seledri juga sangat baik untuk ginjal. Kandungan antioksidannya berhasil meningkatkan fungsi ginjal pasien penyakit ginjal kronis hingga 30%.

Baca Juga: Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan

2. Manfaat Daun seledri bisa mengurangi inflamasi

Daun Seledri juga merupakan sumber fitonutrien yang baik dan telah terbukti dapat mengurangi peradangan pada saluran pencernaan, sel, pembuluh darah dan organ manusia.

Tak hanya itu, seledri rata-rata memiliki 25 bahan anti inflamasi yang mampu melindungi peradangan di dalam tubuh.

Inflamasi kronis sendiri terbukti menjadi penyebab berbagai penyakit, seperti artritis (artritis) dan osteoporosis atau penurunan kepadatan tulang.

3. Melancarkan pencernaan

Manfaat daun seledri tidak hanya memberikan perlindungan pada saluran pencernaan melalui antioksidan dan zat anti inflamasi. Komponen polisakarida pektin dan seledri yang disebut apiuman dapat mengurangi kemungkinan tukak lambung.

Selain itu, dapat meningkatkan dinding lambung dan mengatur sekresi di perut dengan baik.

Kadar air dalam seledri mencapai 95%, dan juga mengandung serat larut dan tidak larut, yang juga membantu pencernaan.

4. Menurunkan risiko pertumbuhan sel kanker

Daun Seledri mengandung apigenin, dan sebuah penelitian yang dilakukan di Korea menyatakan bahwa apigenin menyebabkan apoptosis. Kandungan ini bisa menjadi pengobatan anti kanker.

Selain itu, artikel yang dipublikasikan pada tahun 2009 menyebutkan bahwa kandungan flavonoid yang disebut progestin dalam seledri memiliki manfaat untuk mengurangi risiko kanker.

Artikel tersebut juga menunjukkan bahwa luteolin dapat membuat sel kanker lebih rentan terhadap kemoterapi.

5. Mengurangi tekanan darah

Beberapa praktik pengobatan tradisional Tiongkok menggunakan seledri dan ekstraknya untuk menurunkan tekanan darah.

Sebuah studi oleh Universitas Kedokteran Mashhad Iran menunjukkan bahwa daun seledri dapat menurunkan tekanan darah dan meningkatkan detak jantung.

Kandungan serat yang tinggi pada seledri juga dapat membantu menurunkan tekanan darah. Hal tersebut berdasarkan penelitian yang dilakukan pada tahun 2016, yang menunjukkan bahwa makanan berserat tinggi membantu menurunkan tekanan darah.

6. Secara alami menurunkan kolesterol

Manfaat daun seledri dapat menurunkan low-density lipoprotein atau kolesterol jahat dalam darah. Di saat yang sama, diet tinggi serat juga memiliki efek menurunkan kolesterol.

Baca Juga: Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan

7. Membantu proses pertumbuhan sel saraf

Kandungan apigenin dalam daun seledri dapat meningkatkan neurogenesis atau pertumbuhan dan perkembangan sel saraf.

Sebuah studi tahun 2009 pada tikus yang diberi apigenin menunjukkan bahwa itu merangsang pertumbuhan sistem saraf.

Namun, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk membuktikan efek ini pada manusia.

8. Meningkatkan fertilitas pria

Sebuah penelitian yang dilakukan di Iran menunjukkan bahwa daun seledri bermanfaat untuk kesuburan pria. Studi tersebut menyebutkan potensi peningkatan kualitas dan kuantitas sperma akibat seledri.

Hal tersebut mungkin karena pengaruh seledri terhadap radikal bebas yang dapat mengganggu kesuburan.

9. Mengurangi berat badan

Kandungan daun seledri yang rendah kalori berperan sangat penting dalam mencapai penurunan berat badan. Secangkir jus seledri dari 1 batang besar dan 1 batang sedang mengandung 14 kalori dan 3 gram karbohidrat.

Oleh karena itu, jika Anda suka minum jus dan ingin tetap sehat, Anda bisa mencoba mulai mengonsumsi jus seledri. Ini karena jus seledri memiliki kandungan karbohidrat yang lebih rendah dibandingkan dengan jus seledri lainnya.

10. Manfaat Daun seledri memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral

Daun Seledri mengandung vitamin K, kalium, vitamin A, vitamin C, dan asam folat. Kandungan tersebut akan sangat bermanfaat bagi tubuh Anda.

Selain itu, seledri rendah natrium dan memiliki indeks glikemik rendah. Artinya seledri memiliki pengaruh yang kecil terhadap gula darah.

Manfaat daun seledri untuk rambut

Siapa sangka daun seledri tidak hanya bisa dijadikan pelengkap masakan, tapi juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan rambut. Daun seledri dapat digunakan untuk mengurangi ketombe, mengatasi rambut rontok, mencerahkan rambut kusam, serta mencegah tumbuhnya uban dan rambut tebal.

Manfaat konsumsi jus daun seledri bagi kesehatan

Anda juga bisa mengolah daun seledri menjadi jus untuk konsumsi sehari-hari. Menurut Healthline, jus seledri kaya akan nutrisi dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Perlu Anda ketahui bahwa daun seledri sangat rendah gula dan kalori. Secangkir jus seledri memiliki lebih sedikit gula dan kalori daripada wortel berukuran sedang.

Jus daun seledri sendiri mengandung lebih banyak nutrisi per porsi di bandingkan batang seledri. Menurut penjelasan Healthline, setiap 1 cangkir (240 ml) jus seledri mengandung:

  • Kalori: 42,5
  • Protein: 2 gr
  • Karbohidrat: 9,5 gr
  • Gula: 5 gr
  • Kalsium: 8%
  • Magnesium: 7%
  • Fosfor: 5%
  • Kalium: 14%
  • Vitamin A: 7%
  • Sodium: 9%
  • Vitamin C: 16%
  • Vitamin K: 74%

Jus seledri juga kaya akan banyak nutrisi lain, seperti seng, tembaga, asam folat, biotin, vitamin B lain, dan banyak antioksidan.

Cara membuat jus daun seledri

Jika Anda ingin menambahkan jus daun seledri ke dalam makanan Anda, itu mudah di buat sendiri di rumah. Anda bisa menggunakan juicer untuk membuat jus daun seledri.

Pertama, cuci 3-4 batang seledri dan masukkan ke dalam juicer. Jika Anda tidak memiliki juicer, potong 3-4 batang seledri yang sudah di cuci dan haluskan hingga halus.

Letakkan saringan atau kain kasa di atas teko sisi lebar, tuangkan cairan ke dalam saringan, dan tekan untuk mengeluarkan semua jus.

Untuk mencobanya, Anda bisa mencoba menambahkan apel hijau, jahe segar, atau jus lemon ke dalam minuman jus seledri. Anda harus minum jus ini dan makanan kaya serat, lemak sehat, dan protein untuk menjaga perut tetap kenyang.

Baca Juga: 9 Manfaat Daun Pandan Untuk Kesehatan

Penutup

Demikianvlah manfaat daun seledri bagi kesehatan yang perlu anda ketahui, Daun seledri mempunyai beragam kandungan dan manfaat untuk kesehatan, mulai sebagai sumber antioksidan hingga kesuburan pria. semoga bermanfaat.

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan