@CILA1992 Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia lain. Amalkan Ilmu-mu walaupun cuman secuil.
                                                                     

Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan

                       

manfaat daun sirsak

Tak hanya untuk mencegah kanker saja, manfaat daun sirsak atau tanaman dengan nama ilmiah Annona muricata ini sebetulnya mempunyai beragam manfaat baik lainnya yang berguna untuk kesehatan.

Baca Juga:

Sirsak mempunyai citarasa yang sedikit asam bercampur manis, membuat buahnya menjadi favorit setiap orang, sebab dapat membuat tenggorokan menjadi segar apalagi pada saat diolah menjadi jus.

Tapi pernahkah kalian berfikir untuk mengkonsumsi selain buah, misalnya daun sirsak?

Walaupun rasa dan teksturnya tak semenarik dagig buah sirsak, namun kenyataannya terdapat beragam manfaat daun sirsak untuk kesehatan. Salah satunya adalah dapat mencegah kanker. Benarkah? Yuk langsung saja kalian simak ulasan lengkapnya.

10 Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan

manfaat daun sirsak untuk kesehatan

Dirangkum dari berbagai sumber, Gagegomedia akan memberikan beberapa manfaat daun sirsak bagi kesehatan.

1. Mencegah dan melawan kanker

Manfaat daun sirsak yang sudah populer di kalangan masyarakat adalah dapat mencegah dan melawan kanker.

Ternyata yang mampu menghambat dan melawan sel kanker pada tubuh adalah senyawa acetogenin yang terdapat pada sirsak.

Hal tersebut telah dibuktikan melalui sejumlah studi unggulan, salah satunya dilakukan oleh Fakultas Bioteknologi dan Ilmu Biomolekuler, Universitas Putra Malaysia. Pada penelitian ini ditemukan bahwa ekstrak daun Acanthopanax senticosus dapat melawan sel kanker payudara dan memperkuat sistem kekebalan tubuh, sehingga tidak sensitif terhadap penyakit.

Baca Juga: Manfaat Daun Jarak untuk Kesehatan

2. Mengatasi kolestrol

Kolesterol sebenarnya adalah lemak yang dibutuhkan tubuh. Namun, bila kadarnya di atas ambang normal, maka kondisi tersebut justru bisa menimbulkan komplikasi pada pasien. Nah, dalam hal ini manfaat daun sirsak dibutuhkan.

Kandungan antioksidan yang tinggi pada daun sirsak dipercaya dapat mengontrol kolesterol sekaligus menghilangkan lemak jahat di dalam tubuh yang menyebabkan komplikasi penyakit.

Untuk memaksimalkan manfaat daun sirsak, Anda bisa membuatnya menjadi air rebusan dengan menambahkan 10 lembar daun daun sirsak yang dimasak dalam 3 gelas air. Anda bisa minum hangat di pagi hari secara rutin.

3. Mengobati peradangan

Inflamasi atau peradangan dapat terjadi ketika sistem kekebalan tubuh menyerang dirinya sendiri, yang seharusnya bertindak sebagai perlindungan.

Salah satu penyebabnya adalah luka atau benda asing seperti bakteri, virus, dan jamur yang menyerang sistem kekebalan tubuh.

Untuk mengatasinya, Anda bisa mengoleskan air rebusan daun sirsak pada luka, atau minum air rebusan bila terserang demam, diare, dan malaria.

4. Mengatasi asam urat

Selain kolesterol, manfaat daun sirsak juga baik dalam mengobati asam urat. Penyakit ini umumnya dialami oleh orang yang sering mengonsumsi minuman beralkohol atau minuman tinggi gula, mengonsumsi makanan tinggi purin (daging merah dan seafood), serta penyakit bawaan pada anggota keluarganya.

Berkat adanya senyawa acetogenin, asam gentisic, caclorin dan asam linoleat, Anda bisa memaksimalkan kembali manfaat daun sirsak dengan meminum air rebusan dari daun sirsak.

Masukkan 8 lembar daun sirsak dalam panci berisi 2 gelas air, kemudian rebus hingga airnya tersisa sekitar satu gelas. Minum hangat di pagi hari untuk memperoleh khasiat terbaik.

5. Mencegah penyakit paru-paru

Senyawa acetogenin sangat terkenal untuk pengobatan berbagai penyakit.

Senyawa dalam daun sirsak dapat melawan kanker dan asam urat. Ternyata selain untuk itu juga sering digunakan untuk mencegah penyakit paru-paru, baik kering maupun basah. Padahal, dari segi medis, paru-paru kering tidak ada.

Namun, penyakit ini menyebabkan beberapa kondisi medis seperti asma, kerusakan paru-paru jangka panjang yang dikenal dengan penyakit paru obstruktif kronik, dan bronkitis.

Ketika sampai pada pneumonia, kondisi tersebut sering terjadi akibat peradangan atau infeksi pada salah satu atau kedua bagian paru-paru.

Nah, untuk mengatasi kedua kondisi tersebut, salah satu caranya adalah dengan mengambil manfaat daun sirsak itu sendiri. Anda bisa membuat racikan daun yang mempunyai senyawa acetogenin ke dalam air rebusan. Sebelumnya, daunnya telah dijemur. Minumlah rebusan daun sirsak minimal 3 kali sehari untuk merasakan manfaatnya.

6. Bantu cegah insomnia

Manfaat daun sirsak selanjutnya adalah mencegah dan mengatasi insomnia. Tahukah Anda, gangguan tidur yang satu ini seringkali membuat pasien kesulitan untuk tampil maksimal keesokan harinya, dan hal tersebut memang sangat mengganggu. Untuk itu, maka diperlukan cara yang efektif untuk mengatasi keadaan tersebut.

Salah satunya dengan meminum secangkir teh hangat yang dicampur air dari daun sirak.

Minuman ini bisa dikonsumsi setengah jam sebelum tidur malam, karena diyakini minuman ini memiliki fungsi merelaksasi otot, dan penderita insomnia bisa cepat tertidur.

7. Mengobati kista ovarium pada wanita

Kista ovarium adalah penyakit di mana air menumpuk di ovarium wanita. Penyakit ini biasanya muncul pada saat wanita sedang haid.

Meski biasanya tidak menimbulkan masalah, tidak ada yang salah dengan pengobatan penyakit yang lebih dalam. Tentunya salah satunya dengan menggunakan jus herbal yaitu daun sirsak.

Anda hanya perlu mengolah daunnya menjadi air rebusan dengan takaran yang sama seperti sebelumnya, yaitu menggunakan 10 gelas air dan 2 gelas air untuk merebusnya.

Kemudian, ketika air menjadi kurang dari sebelumnya, daun sirsak melepaskan sari pati nya.

Minumlah dalam kehangatan pada pagi dan sore hari untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

8. Melancarkan pencernaan

Seperti yang telah disebutkan pada poin ketiga di atas tentang manfaat daun sirsak, tanaman ini dapat digunakan untuk membantu mengobati diare. Artinya daun sirsak dapat melancarkan sistem pencernaan manusia.

Karena kandungan vitamin, mineral, kalsium, antimikroba dan antiradang yang dimilikinya, daun sirak dapat menjaga pencernaan, sehingga terhindar dari berbagai penyakit yang menyerang area tersebut.

Misalnya diare, sembelit, perut kembung, dan keseimbangan gelembung mikro yang tersisa di usus manusia.

9. Mencegah dan mengobati penyakit gigi

Karena sifat antibakteri dan antijamurnya, maka manfaat daun sirsak juga dapat mencegah dan mengobati penyakit gigi.

Kedua khasiat tersebut dipercaya dapat menghambat pertumbuhan bakteri berbahaya penyebab penyakit gigi, seperti Candida albicans, radang streptokokus, dan Streptococcus mutans, yaitu radang gusi (gingivitis) dan infeksi gusi (periodontitis).

Padahal, menurut sumber kesehatan, daun sirsak bisa digunakan untuk mengobati kanker mulut dan penyakit gigi kronis lainnya.

Cukup dengan merebus beberapa lembar daun sirsak dan menggunakannya sebagai obat kumur agar Anda bisa merasakan manfaat dari penyakit gigi yang Anda derita.

10. Meningkatkan kesuburan

Manfaat daun sirak yang terakhir adalah meningkatkan kesuburan . Dengan meminum air rebusan daun acanthopanax senticosus, terutama bagi wanita atau pasangan yang berencana hamil, maka persentase peluang untuk “hamil” dengan cepat sangat tinggi.

Karena khasiat daun sirsak pertama kali dalam memulai siklus haid, seperti yang kita ketahui bersama, hal ini menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan wanita yang ingin segera hamil.

Cara Konsumsi Air Daun Sirsak yang Benar agar Khasiatnya Maksimal

daun sirsak

Untuk mendapatkan manfaat terbesar daun sirsak, sebagian besar ahli menyarankan untuk mengolah daun tersebut menjadi air rebusan.

Namun ini bukan sekedar pengolahan, karena jika diminum 3 kali sehari, sebaiknya daun sirsak dikonsumsi dalam takaran 250 ml.

Untuk hasil terbaik, Anda bisa minum daun sirsak rebus selama sebulan penuh sekitar setengah jam sebelum makan.

Karena jika dikonsumsi dalam keadaan perut kosong, air rebusan ini akan lebih terserap sempurna.

Efek Samping dari Mengonsumsi Daun Sirsak

efek samping daun sirsak

Padahal daun sirsak memiliki banyak manfaat. Namun, seperti ramuan lainnya, daun sirsak memiliki efek samping pada tubuh, terutama jika dikonsumsi secara berlebihan. Efeknya sendiri terkait dengan ganguan hati dan ginjal. Dan semakin banyak Anda mengkonsumsinya, semakin tinggi risiko efek samping tersebut.

Tidak hanya daunnya saja, jika rutin mengonsumsi suplemen dari daun sirsak akan merusak saraf otak dalam jangka panjang.

Selain itu, tidak semua orang dapat daun sirsak. Ada beberapa kondisi yang tidak dianjurkan untuk mengonsumsi daun sirsak, antara lain:

  • Tengah menjalani pengobatan untuk tekanan darah tinggi
  • Memiliki kadar trombosit rendah
  • Menderita penyakit Parkinson
  • Menderita penyakit gangguan ginjal atau gangguan hati
  • Ibu hamil dan menyusui

Baca juga: Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan

Kesimpulan

Nah, demikianlah informasi mengenai manfaat daun sirsak hingga efek samping minum air rebusan daun sirsak.

Walaupun daun sirsak tergolong obat herbal, namun tak selamanya anda harus mengandalkan daun sirsak untuk segala pengobatan yang anda jalani.

Anda juga harus memenuhi kebutuhan akan nutrisi dengan mengonsumsi sayuran dan buah, dan jangan lupa untuk rutin berolahraga agar tubuh tetap bugar. Semoga bermanfaat..

Selamat mencoba.

Baca Juga:
@CILA1992
@CILA1992 Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia lain. Amalkan Ilmu-mu walaupun cuman secuil.