@CILA1992 Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia lain. Amalkan Ilmu-mu walaupun cuman secuil.
                                                                     

Niat Puasa Dan Buka Puasa Ramadhan 1442 H

                       

Niat Puasa Dan Buka Puasa Ramadhan 1442 H

Niat Puasa dan Buka PuasaPada kesempatan kali ini kami akan memberikan tentang niat puasa dan buka puasa ramadhan dan keutamaan berpuasa dibulan suci ramadhan 1442 H yang sebentar lagi tiba.

Advertisement

Tinggal beberapa hari lagi, momen yang selalu dinanti oleh umat muslim di seluruh penjuru dunia adalah Ramadhan. Dibulan yang penuh berkah dan ampunan ini, mereka selalu berlomba-lomba beribadah mencari ridho_Nya. Bagaimana tidak, Dibulan suci Ramadhan ini terdapat dua kebahagiaan, yakni saat berbuka puasa dan saat bertemu Tuhan_Nya.

Tak hanya itu, Allah juga telah menjanjikan surga bagi yang beribadah di bulan Ramadhan. Hal itu, sebagaimana tertuang dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Pada saat datang bulan Ramadhan, semua pintu surga dibuka, dan semua pintu neraka ditutup serta setan akan dibelenggu didalamnya.” (HR. Bukhori Muslim).

Salah satu ibadah yang wajib dilaksanakan oleh umat islam di bulan Ramadhan adalah menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh. Hal ini berarti, apabila Anda meninggalkan puasa ramadhan tanpa alasan yang dibenarkan, maka Anda akan berdosa.

Hal itu, sesuai dengan perintah tentang wajibnya menjalankan ibadah puasa dibulan ramadhan yang tertulis didalam surat Al Baqarah ayat 183 yang berbunyi:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Artinya: Hai orang-orang yang beriman, maka diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu supaya kamu bertaqwa.” (QS. Al Baqarah: 183).

Di bulan Ramadhan, puasa ramadhan terbagi menjadi 3 fase. 10 hari pertama adalah rahmad atau kasih sayang, 10 hari kedua adalah magfiroh atau ampunan dan 1o hari terakhir adalah terbebas dari api neraka atau itqun minan naar.

Lantas, bagaimana bacaan niat puasa dan buka puasa di bulan suci Ramadhan? Dan Apa sich keutamaan dari puasa ramadhan? Yuk, kita simak!

Niat Puasa Ramadhan

Niat adalah bagian paling penting sebelum menjalankan sesuatu. Maka dari itu, sebelum Anda menjalankan ibadah sebaiknya kita haruslah membaca niat terlebih dahulu.

Niat Puasa Ramadhan harus dilakukan dengan penuh kesadaran, tulus dan dibaca dimalam hari hingga menjelang sahur. Apabila terlewat bisa-bisa, puasa yang dijalani menjadi sia-sia.

Nah, bila Anda belum tahu bacaan niat puasa ramadhan, maka berikut adalah niat berpuasa ramadhan lengkap dengan artinya:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانِ هذِهِ السَّنَةِ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin an’adai fardis syahri ramadhana hadzihisanati lillahita’ala.

Artinya: Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu di bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah Ta’ala.

Doa Berbuka Puasa Ramadhan

Setelah berpuasa seharian, umat islam berbuka puasa pada saat adzan maghrib berkumandang. Sebagai bentuk syukur kepada Allah SWT, maka kita harus memanjatkan do’a terlebih dahulu sebelum berbuka puasa. Nah berikut adalah bacaan doa buka puasa ramadhan.

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Allahumma laka shumtu wa bika amantu wa’ala rizqika afthartu. Birrahmatika yaa arhamar roohimin.

Artinya: Yaa Allah, untuk_Mu aku berpuasa, dan kepada_Mu aku beriman, dan dengan rezeki_Mu aku berbuka. Dengan rahmat_Mu wahai yang Maha Pengasih dan Penyayang . (HR. Bukhari dan Muslim).

Keutamaan Puasa Ramadhan

Seperti yang telah kami singgung di atas, Ramadhan merupakan waktu yang tepat bagi umat Islam untuk melaksanakan banyak ibadah, termasuk puasa. Bukan tanpa alasan, puasa di bulan Ramadhan memang memiliki banyak keuntungan dan keutamaan. Nah, berikut ini adalah beberapa keutamaan puasa dibulan ramadhan:

1. Dosa Masa Lalu Akan Diampuni

Jika seseorang berpuasa Ramadhan dengan ikhlas, tulus dan tidak ada paksaan, maka dosa-dosa masa lalunya akan diampuni. Hal tersebut diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA, maka Rasulullah bersabda dalam hadistnya:

“Barang siapa yang menjalankan puasa selama Ramadan karena keyakinan yang ikhlas dan berharap mendapatkan pahala dari Allah, maka semua dosa-dosanya di masa lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari Muslim).

2. Dilipatgandakan Pahalanya.

Dalam sebuah hadist yag diriwayatkan dari Abu hurairah RA., Rasulullah SAW bersabda:

“Setiap tindakan yang dilakukan anak Adam akan dilipatgandakan, tindakan yang baik akan dilipatgadakan pahalanya hingga 700 kali. Allah SWT berfirman: Dengan syarat berpuasa yang dilakukan karena Aku (Allah) maka Aku akan memberinya pahala. Karena mereka meninggalkan keinginannya demi Aku.” Ada dua kebahagiaan bagi orang berpuasa, pertama ketika dia berbuka, dan yang lain ketika dia bertemu Tuhannya, dan bau mulut orang berpuasa lebih baik di hadapan Allah daripada aroma minyak misk,” (HR Bukhari).

3. Doanya Dikabulkan

Saat berdoa, terdapat beberapa waktu yang paling mustajab supaya doa yang dipanjatkan mudah dikabulkan oleh Allah SWT. Salah satunya adalah doa orang-orang yang berpuasa, terlebih lagi bagi mereka yang berpuasa di bulan suci Ramadhan. Hal ini juga telah disebutkan di dalam sebuah hadits riwayat Tirmidzi:

“Tiga orang yang doanya tidak tertolak adalah: orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan doa orang yang dizholimi”. (HR. Tirmidzi; hasan)

4. Rukun Islam yang Ketiga

Sebagaimana yang telah kita ketahui bersama bahwa berpuasa termasuk dalam rukun Islam yang ketiga. Hal itu sebagaimana hadits yang telah diriwayatkan oleh Al-Bukhari dan Muslim:

“Dari Abu ‘Abdirrahman ‘Abdullah bin ‘Umar ibin l-Khaththab radhiyallahu ‘anhu, katanya, “ Aku mendengar Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda : Islam dibangun di atas lima : persaksian bahwa tidak ada tuhan yang berhak disembah dengan benar kecuali Allah dan Muhammad adalah utusan Allah, mendirikan shalat, menunaikan zakat, naik haji, dan puasa Ramadhan. ”

5. Dibukakan Pintu Surga dan Ditutupnya Pintu Neraka

Dibulan suci Ramadhan, pintu surga akan dibuka selebar-lebarnya, dan pintu neraka akan ditutup, serta setan-setan akan dibelenggu. maka dari itu, puasa Ramadhan menjadi salah satu cara untuk menuntun umat islam sedunia agar lebih dekat dengan pintu surga.

Baca Juga: 40 Ucapan Maaf Menjelang Ramadhan 2021

Akhir Kata

Demikianlah ulasan singkat mengenai niat puasa dan buka puasa di bulan Ramadhan 1442 H dan keutamaannya. Semoga bermanfaat!

Advertisement
@CILA1992
@CILA1992 Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia lain. Amalkan Ilmu-mu walaupun cuman secuil.