Peluang Usaha yang Menguntungkan Di Desa

  • Bagikan
usaha yang menguntungkan di desa

Usaha yang menguntungkan di desa saat ini banyak sekali. bahkan Anda tanpa harus merantau, dapat memulai bisnis kecil-kecilan yang dimulai dari halaman rumah, Anda akan tetap kecukupan dan sejahtera. Apalagi saat ini, Anda dapat memanfaatkan teknologi yang semakin berkembang yang telah memasuki pedesaan.

Banyak sekali komoditas perdesaan yang melimpah yang dapat kita kelola secara maksimal hanya dengan modal kecil dan hal tersebut tidak ditemukan di perkotaan. Sekarang Anda hanya perlu mencoba, dan tidak sedikit koq orang sukses dengan memulai usahanya dari desa atau kampung tempat mereka tinggal.

Nah, buat Anda yang ingin memulai usaha di kampung halaman, ada baiknya simak ide bisnis yang yang dapat Anda coba di desa, sebagai berikut:

1. Beternak Ayam Kampung

Salah satu usaha yang memiliki prospek cukup besar dan tergolong salah satu usaha yang menguntungkan di desa adalah usaha peternakan ayam.

Karena beternak ayam merupakan usaha yang tidak membutuhkan banyak modal dibandingkan beternak hewan lain, seperti sapi atau kambing. Tentu saja modal untuk usaha tidak terlalu besar.

Bisnis ayam yang paling kami rekomendasikan adalah ayam kampung. Peminat telur ayam kampung cukup banyak. Jadi selain dapat jualan daging, juga dapat membuat telur jadi bisnis. Berikut rincian modal yang perlu disiapkan untuk membangun usaha ayam kampung:

  • Rp. 2,5 juta  untuk pembuatan kandang ayam
  • Rp. 2 juta  untuk pembelian peralatan peternakan
  • Rp. 3 juta untuk pembelian pakan dan minum ayam
  • Rp. 500 ribu untuk pembelian 100 ekor DOC ayam kampung
  • Rp 2 juta untuk pembelian obat-obatan dan vitamin

Jadi, untuk memulai usaha peternakan ayam kampung di desa yang menjanjikan dan menguntungkan. Anda hanya butuh modal awal Rp. 10 juta.

2. Konter Pulsa

Konter Pulsa merupakan salah satu peluang usaha yang menguntungkan di desa, walaupun di perkotaan konter konter ini sudah mulai berkurang, namun di desa masih sangat diminati. Apalagi masih banyak masyarakat pedesaan yang belum memiliki rekening bank.

Membangun konter pulsa juga tidak terlalu rumit. Strateginya cukup kita bangun di depan rumah di desa. Yang terpenting, rumah Anda harus dekat keramaian seperti pasar ataupun jalan desa.

Agar tidak terlalu membingungkan Anda akan memberikan sedikit tips untuk modal awal membuat counter, caranya sebagai berikut:

  • Rp 200 ribu untuk membeli showcase kaca kecil
  • Rp 200 ribu untuk membeli 1 pack stok kartu perdana
  • Rp 600 ribu untuk deposit pulsa

Jadi, untuk memulai usaha di desa dengan membuka konter pulsa yang sangat menguntungkan. Anda hanya perlu modal awal kurang lebih Rp 1 juta

3. Toko Sembako

Daya beli masyarakat perdesaan untuk sembako sangat tinggi. Buat Anda yang sedang mencari peluang usaha yang menguntungkan di desa, ini jelas merupakan peluang yang bagus. Selain itu, bisnis ini juga bisa dibuka di rumah.

Anda tidak perlu membuat toko yang besar, asalkan bisa memenuhi kebutuhan sudah cukup untuk menjalankan bisnis ini.

Walaupun toko Anda bukan terbilang bukan toko retail baju yang harus memajang barang dagangan, namun Anda harus tetap menjaganya agar tetap bersih. Jika toko yang Anda miliki tidak tertata dengan rapi, hal tersebut akan mendapatkan beberapa nilai negatif yang akan berdampak pada penjualan.

Jika Anda tertarik untuk memulai bisnis ini, silahkan simak tips menyiapkan modal berikut ini:

  • Rp. 900 ribu untuk membeli timbangan, kalkulator, kotak uang, dll.
  • Rp 1 juta untuk pembelian etalase toko
  • Rp 5 juta untuk pembelian barang barang sembako secara lengkap setiap bulan

Jadi untuk memulai usaha sembako yang menguntungkan di desa, Anda hanya perlu modal awal Rp. 6,9 juta saja.

4. Warung Kopi

Warung kopi di mana pun tempatnya juga pasti jadi bisnis kecil kecilan yang laris. Karena setiap hari banyak orang butuh minum kopi,dan sambil nongkrong menikmati wifi.

Untuk biaya juga tidak terlalu mahal untuk mendirikan sebuah warung kopi di kampung. Rumah juga bisa dijadikan warung.

Nah , buat Anda yang ingin memulai usaha warung kopi di desa yang menguntungkan dan menjanjikan anda harus memerlukan modal:

  • Rp 500 ribu untuk beli bahan kopi dan lain-lain
  • Rp 1,5 juta untuk biaya pemasangan wifi
  • Rp 1 juta untuk biaya peralatan
  • Rp 1 juta  untuk pembelian meja dan kursi plastik
  • Rp 500 ribu untuk biaya lain-lain

Jadi, untuk memulai usaha di desa yang menguntungkan dengan membuka warung kopi anda memerlukan biaya sekitar Rp 4,5 juta

Akan lebih lengkap lagi jika di warung kopi tersedia juga goreng-gorengan seperti mendoan, bakwan, pisang goreng dan sebagainya. Pastinya akan laris di beli sama anak muda yang sedang minum kopi sambil menikmati layanan wifi gratis.

Baca Juga:

Demikian lah peluang usaha yang menguntungkan di desa paling populer dan mudah dijalankan, selanjutnya tinggal menunggu action dan kesungguhan dari Anda. Selamat mencoba dan selamat berkarya dan berinovatif.

Semoga bermanfaat.

  • Bagikan